Pernah dengar gak moms, kunci keberhasilan keluarga adalah bersumber dari ibu. Kalau saya sih 100 % setuju  dengan pernyataan itu. Saya selalu merasa bahwa dalam keluarga yang paling memegang peranan penting adalah seorang ibu. Mengapa demikian? Ibu adalah jantungnya keluarga, artinya dia adalah sumber kehidupan dalam keluarga. Saat ibu bahagia, seisi rumah pun bisa merasakan kebahagiaan yang sama. Begitupun sebaliknya, jika ibu di rumah tidak bahagia, maka jangan harap kebahagiaan dalam keluarga bisa tercapai.

Bagaimana menciptakan kebahagiaan dalam keluarga? Coba deh moms, sesekali merenung kemudian merasakan bagaimana kita dalam melaksanakan tugas sebagai ibu dirumah sehari-hari. Sudah sempurnakah, atau paling tidak sudah lebih baikkah setiap harinya?

Grow happy

Hari itu saya berkesempatan untuk ikut serta dalam kegiatan seru yang diadakan oleh Nestle Lactogrow, tepatnya tanggal 21 November 2018 di Goedang Popsa diadakan Media Workshop bersama para Blogger dan rekan media. Kegiatan ini merupakan bentuk kampanye “Grow Happy” yang diselenggarakan sejak tahun 2017 lalu.

Dengan mengundang para pembicara yaitu Elizabeth Santosa, MPsi, Psi, SFP, Acc selaku Psikolog, dr. Fatima Safira Alatas Ph.D, Sp.A (K) selaku Dokter Spesialis Anak dan Gusti Kattani Maulani selaku Brand Manager Nestle Lactogrow.

Brand Manager Nestle menerangkan tujuan Nestle Lactogrow untuk keluarga Indonesia

Pada pemaparan awal dibuka oleh Gusti Kattani Maulani yang mengungkapkan bahwa kegiatan hari itu diselenggarakan oleh Nestle Lactogrow sebagai bagian dari rangkaian kegiatan di beberapa kota lainnya. Nestle selalu berkomitmen untuk membangun tumbuh kembang si kecil dengan bahagia, yang dikenal dengan slogannya “Grow happy”, semata-mata demi masa depan anak yang lebih baik. Nestle mengadakan kegiatan bersama media agar lebih banyak informasi yang bisa disebarkan untuk tumbuh kembang anak yang optimal.

Kemudian dilanjutkan dengan Elizabeth Santosa atau yang akrab disapa miss Lizzy mengatakan bahwa dalam keluarga, anak harus bisa tumbuh kembang dengan bahagia. Hal ini dibutuhkan seorang anak untuk kelangsungan hidupnya di masa yang akan datang. Anak yang tumbuh dengan bahagia bisa memaksimalkan potensi dalam dirinya, juga bisa mendapatkan keberhasilan dalam pendidikan atau bidang yang ditekuninya.

Miss Lizzy yang aktif dan selalu interaktif dengan semua peserta

Lalu bagaimana agar anak bisa tumbuh dengan bahagia, sebagai seorang ibu kita harus selalu terlibat dalam kegiatan anak. Bukan perkara seringnya bertemu atau berapa banyak waktu kita bersama, tetapi bagaimana kita memanfaatkan waktu saat kita bersama dengan si kecil.  Menurut Miss Lizzy, setelah melakukan banyak riset kepada beberapa ibu rumah tangga, banyak ibu yang selalu menemani anaknya tetapi tidak terlibat bersama anaknya. Saat bersama anak, si ibu sibuk bermain handphone, menonton televisi atau melakukan aktivitas lainnya. Akibatnya si kecil tidak “merasakan” betul kehadiran ibunya di rumah.

Miss Lizzy membuat poin-poin penting bagaimana cara agar bisa terlibat dalam kegiatan anak :

  • Bukan fokus pada jenis aktivitas, namun waktu kebersamaan

Sebagian ibu merasa jika jalan-jalan ke suatu tempat yang mewah atau bermain dengan mainan mahal bisa membuat anak bahagia. Padahal kunci kebahagian anak hanya saat bersama dengan orang tuanya. Bermain bersama di halaman rumah, atau hanya di kamar sambil bercerita bersama sudah membuat si kecil bisa bahagia setiap harinya.

  • Tidak ada distraksi

Distraksi bisa diartikan sebagai gangguan, hambatan atau kegiatan yang bisa mengalihkan kegiatan yang lainnya. Ini berarti saat bersama si kecil, fokus dan perhatian hanya ditujukan kepada si kecil, tidak pada kegiatan yang lainnya.

  • Eye to eye contact

Eye to eye contact membuat perasaan dan perhatian si kecil lebih tertuju kepada kita, begitu pula sebaliknya. Dengan kontak ini diharapkan bisa membentuk bonding yang lebih baik dengan si kecil.

  • Buat anak merasa dirinya paling penting

Anak adalah harta yang paling berharga dalam keluarga. Namun terkadang si kecil membutuhkan bukti nyata untuk dirasakannya. Dengan bersama dan melakukan quality time bersama, si kecil bisa mersakan kasih sayang dari orang tuanya.

Lalu bagaimana cara membesarkan anak agar tumbuh dengan bahagia, Miss Lizzy kembali menekankan bahwa kuncinya adalah “terlibat”. Tidak hanya fisik tetapi juga hati dan perasaan dalam mengurus keluarga. Keterlibatan orang tua dalam membesarkan si kecil diperlihatkan dengan cara :

  • Makan tepat waktu dan memberikan asupan makanan yang bergizi
  • Cukupi waktu tidurnya
  • Dukung kompetensi anak
  • Berikan cinta tanpa syarat

Lalu bisakah anak tumbuh bahagia jika si ibu tidak bahagia? Tentu saja tidak. Kebahagiaan individu sangat penting untuk seorang ibu, apalagi dia memegang peranan penting dalam keluarga. Sumber kebahagiaan individu bisa terpenuhi dengan tertawa, damai, dan pemenuhan diri sendiri. Hal ini sangat dibutuhkan untuk mengurangi stress/ tekanan/ atau trauma di kehidupan masa lalu yang bisa menyebabkan anak tidak bahagia di kehidupan dewasa. Contohnya ibu yang overprotektif bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada anak, akibatnya anak tumbuh menjadi pribadi yang penakut dan tidak percaya diri.

Kebahagiaan bukan merupakan suatu keadaan yang permanen atau tetap, melainkan selalu berubah tergantung dengan kondisi sehari-hari. Jadi selalu penuhi kebutuhan kebahagiaan dengan banyak pikiran positif (cinta, dicintai, kasih sayang, tertawa, dan rasa percaya diri), hindari pikiran negatif (frustasi, amarah, kesepian), dan kepuasan hidup secara keseluruhan (rasa syukur dengan hidup dan pekerjaan).

Melengkapi kebahagiaan kami hari itu, miss Lizzy mengajak untuk bermain beberapa permainan bersama. Semua peserta yang hadir diminta untuk berdiri dan sedikit bergoyang dengan diiringi musik dan video panduan yang ada. Antusias peserta sangat besar dan semua terlihat begitu bahagia. Apalagi setelah itu pemenangnya diberikan hadiah menarik dari pihak Nestle, semakin bahagialah hati para peserta yang menang.

Bukan hanya itu, miss Lizzy kemudian kembali mengajak kami untuk saling berpelukan dan mengenal satu sama lain. Menurut beliau, pelukan terbukti bisa membantu memberikan kebahagiaan dan rasa dekat satu sama lain. Pelukan pun sangat dianjurkan dilakukan dalam keluarga, bahkan wajib dilakukan selama 8 kali setiap hari. Waahhhh banyak yah moms, kalau Kamu udah peluk si kecil dan pasangan belum hari ini? 🙂

Anak bahagia lahir dengan nutrisi yang baik dan lengkap

1000 hari pertama dalam kehidupan seorang anak sangat dipengaruhi oleh peran serta orang tua dalam memberikan nutrisi dalam kehidupannya. 1000 hari pertama dimulai dari awal terjadinya pembuahan hingga anak berusia dua tahun. Anak dengan nutrisi yang baik akan memiliki periode emas dalam kehidupannya, namun jika tidak maka periode kritis yang akan terjadi pada tumbuh kembang anak. Hal ini ditunjukkan pada perkembangan kognitif, organ metabolik, sistem saluran cerna, komposisi tubuh dan pematangan sistem kekebalan tubuh.

dr. Fatima yang sedang menjelaskan tentang faktor penting untuk tumbuh kembang anak

Menurut dr. Fatima selaku dokter spesialis anak mengatakan bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Dengan ASI anak akan memiliki daya tahan tubuh yang baik, tingkat tumbuh kembang yang sesuai dengan usianya, fungsi otak yang berkembang sempurna dan pencernaan yang sehat.

Beliau pun menambahkan bahwa saluran pencernaan memiliki hubungan timbal balik dengan otak. Saluran cerna yang sehat memliki banyak bakteri baik dalam usus, inilah yang kemudian memberikan efek untuk kerja otak dan tubuh.  Saluran cerna yang sehat berpengaruh pada motilitas usus, sekresi, transport nutrient dan keseimbangan bakteri dalam saluran pencernaan. Sedangkan kerja otak berpengaruh pada neurotransmitter, stress/cemas, mood dan tingkah laku. Ini sebabnya kedua faktor tersebut saling berhubungan.

Lalu bagaimana agar saluran cerna tetap sehat? Dr. Fatima kemudian menjelaskan kembali bahwa ASI adalah sumber nutrisi yang paling baik karena dapat menciptakan lingkungan asam diusus besar sehingga ideal untuk pertumbuhan bakteri baik.

Bakteri baik ini berfungsi untuk :

  • Memproduksi biosurfaktan → menghambat bakteri menempel
  • Memproduksi bakteriosin & hydrogen peroksida → menghambat dan membunuh bakteri
  • Memperbaiki kerusakan sel-sel usus

Bagaimana cara kita menjaga agar saluran cerna selalu sehat? Langkah yang perlu kita lakukan adalah :

  • Makan makanan yang bervariasi
  • Kurangi stress
  • Berolahraga teratur
  • Konsumsi suplemen (bila perlu)
  • Hindari antibiotik (tanpa instruksi dokter)
  • Makan makanan yang difermentasi (yogurt, tempe)
  • Kurangi pemanis buatan

Jika seorang anak memiliki saluran cerna yang sehat maka dapat dihasilkan kekebalan tubuh yang lebih baik.  Itulah pentingnya bagi ibu untuk bisa memilih jenis nutrisi yang diberikan untuk si kecil. Dengan nutrisi yang seimbang anak akan tumbuh lebih baik, cerdas dan mandiri. Jangan lupa untuk selalu jadi ibu bahagia, agar anak pun tumbuh menjadi pribadi yang bahagia 🙂

Seluruh peserta yang tampak bahagia berfoto bersama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here