Seluruh dunia saat ini memang tengah dilanda dengan wabah penyakit Covid-19, penyakit yang hingga kini belum diketahui pasti cara penanganannya yang tepat sasaran. Semua negara tengah berjuang dan berjuang terus untuk memberikan penanganan terbaik untuk negaranya, namun korban-korban tetap banyak berjatuhan dan sulit untuk dikendalikan. Walaupun beberapa negara diklaim telah berhasil melewati masa-masa kritisnya, namun negara yang lain masih tetap harus berjuang melawan wabah penyakit ini.

Tidak mudah untuk melewati masa-masa ini, namun dengan hanya mengeluh dan tidak berbuat apa-apa rasanya hanya akan memperburuk keadaan. Gerakan Stay at home yang selalu digencarkan oleh pemerintah setempat membuat begitu banyak sektor kehidupan yang terimbas dampaknya. Perkantoran dan lingkungan pendidikan termasuk salah satu yang harus tetap beraktivitas namun tetap berada dirumah saja.

Sebenarnya saya termasuk orang yang lebih sering bekerja di rumah saja, dengan bekerja dari rumah rasanya lebih tenang karena secara tidak langsung bisa tetap mengontrol suasana dalam rumah tangga. Dengan bekerja di rumah saja, lebih banyak biaya transportasi yang bisa disave atau mungkin jajan-jajan kecil yang terkadang kesannya kurang perlu hehehe….

Rasa bosan selama stay at home sudah pasti dirasakan semua orang, tetapi bagaimana cara agar rasa bosan itu bisa lebih teratasi dengan baik?

Bosan bisa timbul jika seseorang terus menerus melakukan kegiatan yang sama berulang-ulang, tidak ada variasi dan tidak ada hal baru setiap harinya. Belum lagi jika suasana yang ditimbulkan juga tidak didukung dengan suasana yang menyenangkan, bisa dipastikan bahwa seseorang menjadi lebih mudah stress dan bosan.

Lalu bagaimana cara agar bisa menjalani hari dengan tetap produktif dan bisa berkarya selama tetap dirumah saja? Barangkali beberapa ide berikut bisa membantu untuk tetap produktif selama di rumah :

  • Gali kembali hobi lama yang sudah terlupakan

Banyak hobi lama yang mungkin beberapa waktu belakangan sudah terlupakan. Hobi masak, fotografi, menulis, crafting, berkebun atau hobi apapun itu mungkin jadi saat yang tepat untuk digali kembali saat ini. Saya termasuk yang dulunya punya banyak sekali hobi lama yang sudah tidak tersentuh sama sekali. Misalnya hobi memotret makanan, atau juga benda mati (Still life photography) yang dulunya sering saya tekuni bersama teman-teman di komunitas.

Mengambil gambar foto makanan harus dengan gaya yang paling maksimal
Hasil foto hanya dengan memakai handphone
Mengambil foto dengan objek makanan harus didukung dengan props yang kece

Walaupun bukan hal yang mudah untuk menggali kembali hobi lama itu, tapi paling tidak ada usaha untuk menekuninya kembali.

  • Bangun suasana rumah yang menyenangkan

Berada selama 24 jam di rumah saja selama berhari-hari hingga waktu yang belum diketahui pasti memang rentan sekali akan suasana yang membosankan. Belum lagi jika harus menghadapi anak-anak dan anggota keluarga yang terus menerus mengeluh karena bingung mau berbuat apa. Untuk menyiasatinya saya seringkali mengajak anak-anak mengubah suasana rumah atau kamar menjadi suasana baru. Misalnya mengubah letak tempat tidur, lemari atau barang-barang dalam kamar di tempat baru.

Ilustrasi gambar dari Canva

Hal lain yang saya lakukan juga adalah mengatur kembali barang-barang lama yang sudah tidak tersentuh. Selain bisa mengenang kembali memori dengan barang tersebut, saya juga bisa menatanya menjadi lebih rapi.

  • Sesekali tinggalkan atau lupakan kewajiban yang lebih banyak selama dirumah

Tidak bisa dipungkiri selama berkegiatan di rumah saja, semua aktivitas dialihkan kerumah termasuk urusan sekolah anak-anak. Anak-anak mendapat lebih banyak PR dan latihan soal belum lagi tugas lain seperti membuat video atau gambar. Untuk menghindari stress dan kebosanan, saya seringkali meninggalkan tugas tersebut jika sudah terlalu banyak. Kadang tugas yang tidak dikerjakan saya ganti di hari lain jika sudah lebih santai dan rileks.

Selama anjuran “stay at home” anak-anak harus sekolah dan belajar dari rumah
Ujian sekolah pun harus dilakukan dari rumah secara online
  • Menulis atau membaca buku yang lama tidak tersentuh

Mungkin seringkali kita membeli barang-barang yang tidak begitu diperlukan saat sedang di luar rumah istilahnya jajan hanya karena lapar mata. Buku-buku pun terkadang demikian, kadang dibeli tapi belum sempat dibaca sampai saat ini. Saat sekarang ini adalah saat yang tepat untuk membaca buku, menamatkan serial yang mungkin belum tamat atau menambah wawasan baru dengan membaca.

Ilustrasi gambar dari Canva
  • Ciptakan karya baru apa saja lewat lagu, tulisan, foto atau apa saja yang bisa mengekspresikan dirimu

Saat sedang tidak tahu mau berbuat apa, banyak orang yang menjadi lebih kreatif. Misalnya menciptakan lagu, berkreasi dengan membuat tulisan, foto atau apapun itu. Bukan tidak mungkin dengan berkreasi maka karya yang kita hasilkan malah akan mendapatkan keuntungan untuk kedepannya. Jangan pernah berhenti berkarya untuk menciptakan sesuatu yang baru.

  • Jalin komunikasi yang lebih baik dengan keluarga

Sebelumnya mungkin selama ini hubungan komunikasi dengan anggota keluarga sedikit renggang akibat kesibukan masing-masing. Dengan berada di rumah saja, jalinan komunikasi yang baik bisa kita bangun kembali.

Rutinitas “stay at home” membuat kualitas hubungan dalam keluarga jadi lebih baik

Saling menanyakan kesibukan selama ini, sudah sejauh apa perkembangan masing-masing sangat baik untuk menumbuhkan hubungan yang harmonis dalam keluarga.

  • Tuangkan ide-ide baru dengan teman-teman untuk bisa direalisasikan kedepannya

Ide-ide baru adalah kunci keberhasilan sebuah project kedepannya. Dengan menghabiskan lebih banyak waktu dirumah, ide baru bisa bermunculan dari siapa saja dan apa saja yang kita temui.

Ilustrasi gambar dari Pinterest

Jalin diskusi via online dengan teman-teman sambil bertukar pikiran dan gagasan baru sehingga bisa menciptakan karya terbaru yang lebih cemerlang kedepannya.

Selama menjalani kehidupan yang berubah 180 derajat dari biasanya ini, kita harus bisa tetap memanfaatkan keadaan dengan baik. Bukan tidak mungkin jika setelah menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, ide-ide yang fresh bisa didapatkan dan bukan tidak mungkin pula akan menjadi project besar kedepannya. Semangat!!!!!!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here