Jenis makanan saat ini memang dikuasai oleh ragam yang kurang lebih serupa, seperti olahan kue dengan bahan dasar bolu atau minuman dengan bahan dasar mangga, barangkali? Rasanya setiap kota sudah punya jenis makanan atau minuman yang satu itu. Tren kuliner memang  selalu seperti itu, dengan cepat berubah mengikuti permintaan pasar. Namun permintaan pasar yang besar juga sangat terlihat di kota Makassar. Makassar dikenal sebagai pusat kuliner untuk industri makanan dan minuman, tidak heran banyak selebriti membuka bisnis untuk usaha kuliner mereka di kota ini. Kota Makassar juga diakui memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup baik untuk bisnis kuliner. Dengan alasan itu Makassar dilirik oleh produsen dairy product, Fonterra Brands Indonesia, untuk mengadakan Workshop kuliner Grand Demo. Sebuah acara bergengsi yang melibatkan beberapa chef terkemuka seperti Ny. Liem dan in house Advisory Chef Anchor Food Professional, Chef Yus dan Chef Petrus.

Para narasumber Grand Demo AFP dalam pertemuannya bersama media

Dalam pertemuannya bersama media, Anchor Food Professional Grand Demo kali ini menghadirkan pembicara yaitu Andriani Ganeswari selaku Corporate Communication Manager PT. Fonterra Brand Indonesia, Sigit Wijanarko selaku Food service Director, Fonterra Brand Indonesia, Bu Achen (perwakilan Ny. Liem) seorang Chef Professional, dan Risma Wicaksono Founder Makassar Cooking Club. Dalam pertemuan bersama media, Sigit Wijanarko mengatakan Makassar merupakan pusat kuliner yang sangat berekembang di Indonesia. Dengan hidangan khas tradisionalnya, yang sangat adaptif dengan tren kuliner dan mampu berkreasi dengan selera konsumen. Sehingga menurutnya, sangat menjanjikan untuk produk olahan susu seperti Anchor, untuk dikembangkan di kota ini. Dia juga menambahkan komitmennya untuk mendukung pelaku usaha kecil menengah dalam berinovasi, beradaptasi dan mampu menghadapi tantangan pasar. Inilah yang membuat diadakannya acara Grand Demo di kota Makassar, sebagai sarana untuk menambah wawasan serta inovasi dalam menciptakan masakan yang berkualitas baik.

Andriani Ganeswari juga menambahkan tentang keunggulan dari kualitas produk nutrisi susu dan turunannya, Fonterra Brands Indonesia, bahwa produk ini merupakan penyuplai kebutuhan nutrisi susu terbaik di Indonesia selama lebih dari 30 tahun. Produk-produk yang dihasilkan seperti Anlene, Anmum, Anchor Boneeto, dan Anchor. Mereka selaku produsen nutrisi susu berkomitmen untuk menjamin proses rantai pasokan mulai dari “rumput ke gelas” (from grass to glass) yang berstandar kelas dunia. Mereka juga berkomitmen untuk mendorong potensi industri makanan dan minuman di Indonesia serta menginspirasi keluarga Indonesia hidup maksimal dengan nutrisi susu yang terpercaya dan berkualitas baik.

Pembicara lainnya yaitu Ibu Achen dari perwakilan Ny. Liem mengatakan ini kali ketiganya dia hadir di kota Makassar. Menurutnya Makassar merupakan surganya kuliner di Indonesia karena sangat kaya dengan masakan yang nikmat seperti coto Makassar, pallubasa atau hidangan manis seperti es pisang ijo. Menurutnya jenis masakan ini bisa lebih dikreasikan dengan menggunakan produk olahan susu, sehingga bisa menjadi lebih nikmat. Ibu Achen juga sangat bangga bisa bergabung dalam Workshop Kuliner Grand Demo kali ini, karena bisa berbagi tips dan resep dengan para food enthusiast. Menurutnya, Makassar akan terus menjadi pusat kuliner di Indonesia Timur karena para food professional di Makassar akan mampu mengikuti tren kuliner yang semakin maju dan berkembang.

Pembicara berikutnya yaitu Risma Wicaksono, sebagai pelaku bisnis kuliner di Makassar juga ikut menyampaikan kesan-kesannya selama memiliki usaha kuliner tradisional. Menurutnya tren kuliner di Makassar juga mengikuti permintaan pasar yang sama dengan kota lainnya. Tetapi usaha bisnis kuliner tradisional tetap mendapat tempat di hati masyarakat, karena jenisnya yang tidak dapat tergantikan dengan jenis kuliner lainnya. Dia juga menambahkan bahwa usaha kulinernya yang juga membuat jenis kue-kue modern, juga menggunakan produk dari Anchor yang sudah terjamin kualitasnya sejak dulu dalam menghasilkan jenis makanan dan minuman yang berkualitas sangat baik.

Berfoto bersama chef profesional
Mango Cheese Drink, kreasi dari Chef Petrus

Demo masak oleh Chef Profesional

Hari kamis saat itu tanggal 16 November 2017 diadakan demo masak di Phinisi ballroom Hotel Clarion. Acara ini sangat mendapat antusias yang baik dari semua warga Makassar. Ruangan ballroom yang besar itu dipenuhi oleh peserta yang jumlahnya sangat banyak, kursi-kursi terlihat dipenuhi oleh seluruh peserta. Kami yang saat itu datang pada waktu demo telah berlangsung hingga separuh acara, sampai tidak kebagian kursi saking padatnya peserta yang hadir. Siapa yang tidak ingin menyaksikan langsung demo masak yang menghadirkan chef professional sekelas Chef Yus, Chef Petrus dan Ibu Achen, apalagi dengan menggunakan bahan-bahan premium sekelas Anchor. Wajar saja kalau ballroom sebesar itu dipenuhi seluruh peserta yang ingin melihat langsung demo masak itu.

Sebagian peserta Workshop Kuliner Grand Demo AFP

Para Chef berbagi kreasi menu terbaru dengan menggunakan produk-produk Anchor. Chef Petrus Nugraha menyajikan Creamy Pasta Aglio dan Bread Lasagna Tuna Rica. Sedangkan Chef Yus Adriana, Advisory Chef Pastry and Bakery Anchor Food Professionals, memperlihatkan kebolehannya dalam menyajikan Crunchy Pineapple Cake, Butterstick, Passion Mouse dan Kenari Tuille. Sementara Chef tamu, Ibu Achen (Ny. Liem) beraksi dengan Cheese and Butter Cake, Cupcake Cream Cheese, Lapis Legit Keju Slice Anchor, Kastengel Telur Asin dan Roti Goreng Paha Ayam Keju Anchor. Luar biasa enak, dari namanya saja kita sudah bisa membayangkan bagaimana nikmatnya makanan yang dihidangkan dalam demo masak kali itu. Saya saat itu kebagian mencicipi Bread Lasagna Tuna Rica buatan Chef Petrus, rasanya enak hampir mirip rasa pizza karena ditopping dengan keju mozzarella.

Acara demo masak saat itu terbilang sukses mengambil hati warga Makassar. Dengan ragam masakan yang dihadirkan dan menggunakan produk berkualitas premium, membuat seluruh peserta yang hadir tampak puas dan senang dengan acara ini. Kita tunggu saja acara-acara berikutnya yah, pasti lebih menarik… 😉

3 KOMENTAR

  1. Kota Makassar termasuk kota yang cukup cepat mengadaptasi perubahan dan trends, termasuk trends kuliner kekinian ya. Semua yang lagi hype di Jakarta sudah ada juga di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here