Festival kuliner terbesar diadakan di kota Makassar

Event kuliner sebenarnya sudah sering kali diadakan di Makassar dan masing-masing mengangkat jenis makanan atau kuliner pilihan yang ada di Makassar. Dari semua jenis event kuliner yang diadakan, ini adalah salah satu festival kuliner paling favorit menurut saya. Yah, event kuliner yang bertajuk Pucuk Coolinary Festival ini adalah festival kuliner yang sangat keren. Hal ini benar-benar karena dalam event begitu banyak hal menarik yang saya temui selama event ini berlangsung.

Gerbang masuk menuju Pucuk Coolinary Festival di Lapangan Parkir Phinisi Point Makassar
Berfoto di depan booth kece Pucuk Coolinary Festival
Foto bersama kak Niar 😍

Festival kuliner ini adalah festival kuliner terbesar yang pernah diadakan di kota Makassar. Kota Makassar dipilih sebagai kota terakhir, setelah sebelumnya diadakan di kota Yogyakarta, Medan dan Palembang. Pucuk Coolinary Festival dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan UMKM Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, H. Ahmadi, SE. MM yang hadir mewakili Gubernur Sulawesi Selatan serta Kepala Dinas Koperasi UMKM Kota Makassar Evi Apriliaty, SE, MM mewakili Walikota Makassar, dan National Sales & Promotion Head PT. Mayora Indah Tbk., Henry David Kalangie bertempat di Lapangan Parkir Phinisi Point Makassar pada hari Sabtu, 2 November 2019 sebagai bentuk apresiasi terhadap penyelenggaraan festival kuliner terbesar ini.

Dalam sambutannya pada acara pembukaan festival kuliner ini, Kepala Dinas Perindustrian dan UMKM Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Bapak H. Ahmadi, SE. MM, mengatakan bahwa event ini bisa sangat memberikan dampak positif untuk pelaku UMKM yang ada di Makassar. Dengan diadakannya acara ini, menjadi wujud nyata bahwa PT Mayora Indah Tbk selaku produsen Teh Pucuk Harum sangat peduli terhadap perkembangan ekonomi di Sulawesi Selatan dengan melibatkan ratusan UMKM yang bergerak di bidang kuliner.

Tari-tarian sambutan di acara Pembukaan event kuliner terbesar di Makassar

Lain halnya dengan Ibu Evi Apriliaty, SE, MM selaku Kepala Dinas Koperasi UMKM Kota Makassar, menurutnya orang Makassar memang dikenal suka makan dan juga suka masak. Ini berarti sangat tepatlah jika memilih kota Makasar untuk pelaksanaan event kuliner terbesar ini. Tidak hanya itu saja, kota Makassar juga dikenal sangat kaya akan ragam kulinernya sehingga menjadi pilihan kota tujuan wisata yang populer dari luar Sulawesi.

Tarian sambutan di acara Pucuk Coolinary Festival (Sumber foto dari Prima Sari)
Bersama-sama memencet tombol sirine menandai dibukanya Pucuk Coolinary Festival (Sumber foto dari Mugniar)

Pembukaan acara Pucuk Coolinary Festival ini ditandai dengan ragam tarian sambutan dan bersama-sama memencet tombol sirine oleh National Sales & Promotion Head PT Mayora Indah Tbk., Henry David Kalangie, Kepala Dinas Koperasi UMKM Kota Makassar Evi Apriliaty, SE, MM, Mantan Wakil Walikota Makassar, Dr. H. Syamsu Rizal MI, S.SOS atau yang biasa di sapa dengan Deng Ical  dan Kepala Dinas Perindustrian dan UMKM Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, H. Ahmadi, SE. MM.

Ragam kuliner favorit di Pucuk Coolinary Festival

Dalam festival kuliner ini, terdapat lebih dari 100 tenant yang ikut terlibat. Syarat untuk bisa ikut berpatisipasi dalam festival kuliner ini adalah tenant telah memiliki outlet di tempat tertentu, dan mewakili salah satu dari jenis makanan pada zona pedas, zona manis dan zona gurih. Yang hebatnya lagi, tenant yang ikut tidak dikenakan biaya apapun bahkan hasil penjualan seluruhnya diberikan untuk tenant yang ikut berpartisipasi.

Peta menuju lokasi event, tampak juga tenant-tenant yang ikut berpartisipasi
Otak-otak Yenny Gosal membagikan 10.000 porsi otak-otak

Selain bisa puas menikmati aneka kuliner lezat dari para tenant, lidah dan perut pengunjung juga dimanjakan oleh beragam sesi makan seru yang menguntungkan di Pucuk Coolinary Festival. Sesi “Happy Hour” yang menawarkan voucher potongan harga spesial di jam-jam tertentu yaitu voucher senilai 10,000 yang berlaku di semua tenant. Tak hanya itu, Pucuk Coolinary Festival ini menggelar ”Bagi-bagi 10,000 porsi otak – otak” selama acara berlangsung kepada para foodies. Caranya yaitu dengan menukarkan 2 botol kosong dan berlaku kelipatannya untuk 1 porsi otak-otak , dan 4 botol kosong berlaku kelipatannya mendapatkan souvenir dari Birma Rindu Kraf (Biring Romang Rumah Industri Kreatif) yang merupakan hasil daur ulang botol teh pucuk harum.

Booth Birma Rindu Kraf yang menyediakan souvenir dari hasil daur ulang untuk para pengunjung
Beberapa jenis kerajinan yang dipamerkan, seluruh kerajinan ini berasal dari daur ulang Teh Pucuk Harum dan plastik

Pucuk Coolinary Festival juga menyuguhkan berbagai macam kegiatan seru yang tak hanya membuat perut kenyang tapi juga menghibur seperti kompetisi Spicy King Noodle Contest. Dalam kompetisi ini, peserta diwajibkan untuk menghabiskan mie pedas yang disajikan. Peserta yang paling cepat menghabiskan mie pedas, berhak mendapatkan hadiah uang tunai dari Teh Pucuk Harum. Selain itu ada banyak lagi hadiah menarik yang diberikan dan puncaknya yaitu grand prize 1 motor NMax diberikan setiap harinya.

Kompetisi Spicy King Noodle Contest menarik banyak antusias pengunjung (Sumber foto dari Media Teh Pucuk Harum)

Pengunjung juga menjadi sangat terhibur karena sambil jajan aneka kuliner terbaik, para pengunjung yang hadir ditemani penampilan musik yang asik dari musisi lokal Makassar, dan pada hari kedua Minggu, 3 November 2019 diberikan penampilan spesial dari guest star ternama yakni Andmesh Kamaleng. Andmesh yang sudah ditunggu-tunggu oleh para fansnya di Makassar berhasil membuat suasana Pucuk Coolinary Festival ini menjadi sangat dipadati pengunjung.

Penampilan dari Andmesh Kamaleng menghibur pengunjung yang sedang kulineran (Sumber foto dari Media Teh Pucuk Harum)
Antusias penonton yang mengabadikan penampilan Andmesh

Perjalanan festival kuliner terbesar Pucuk Coolinary Festival ’Temukan Rasa Favoritmu’ di tahun 2019 ditutup di kota Makassar dengan sukses.  Tercatat lebih dari 180 ribu pengunjung memadati festival kuliner yang terbagi dalam 3 zona rasa Gurih, Manis dan Pedas di Lapangan Parkir Phinisi Point, Makassar yang dihelat pada Sabtu dan Minggu, 2-3 November 2019.

Apresiasi yang besar diberikan terhadap para tenant yang merupakan bagian dari UMKM bidang kuliner di Indonesia lewat kegiatan ‘Pemilihan Tenant Favorit’ yang dipilih langsung oleh pengunjung yang hadir.  Pada malam terakhir diumumkan pemenang ’Tenant Kuliner Favorit’ dari 3 Zona Pedas, Gurih, dan Manis yang dipilih berdasarkan voting para pecinta kuliner. Hadiah uang tunai senilai Rp 15 juta diberikan masing-masing kepada tenant Queen Potatoh & Bread dari Zona Gurih, Queen Fruits dari Zona Manis, dan Bakso Mercon & Mie EXP Mas Gilang dari Zona Pedas sebagai apresiasi dari Teh Pucuk Harum agar kedepannya bisa mengembangkan bisnis kuliner mereka. Ketiga tenant kuliner tersebut berhasil menjadi tenant terfavorit Pucuk Coolinary Festival di Makassar karena memiliki totalitas rasa pedas, gurih, dan manis yang pastinya disukai oleh para pengunjung.

Penyerahan hadiah untuk para pemenang Tenant Favorit

Festival kuliner ini sukses menarik perhatian seluruh warga Makassar yang memang sangat suka kulineran. Kesuksesan ini juga terlihat dengan kepedulian yang sangat tinggi pada lingkungan. Selama acara berlangsung, sampah-sampah langsung dibersihkan oleh petugas kebersihan dan botol minuman teh pucuk harum ditempatkan pada box besar Celengan Pucuk untuk kemudian didaur ulang kembali. Nah, bagaimana menurutmu tepat kan pilihan saya mengatakan kalau ini adalah salah satu festival kuliner favorit saya? 🙂

Celengan Pucuk untuk botol kosong Teh Pucuk Harum

 

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here