Hari Sabtu tanggal 5 Agustus 2017, kami dari blogger Makassar berkesempatan mengikuti press release/siaran pers untuk acara Nestle Lactogrow Happy Wonderland. Acara ini sebelumnya telah sukses digelar dibeberapa kota besar lainnya seperti Solo, Jakarta, Banjarmasin, Lampung, Pekanbaru, Bekasi, Manado dan Malang. Sebagai destinasi kota berikutnya, Makassar dipilih untuk menghadirkan acara ini. Dengan tema “Happy Wonderland”, acara ini menghadirkan banyak kegiatan edukatif dan interaktif dengan suasana ceria dan penuh imajinasi, di Mall Panakkukang pada tanggal 5-6 Agustus 2017.

Brand Manager Nestle Lactogrow Gusti Kattani Maulani mengatakan “Kebahagiaan keluarga terbukti berperan penting dalam pembentukan karakter dan tumbuh kembang anak, karenanya Nestle Lactogrow ingin terus menyediakan wadah untuk memperkuat ikatan orang tua dan anak untuk tumbuh kembang optimal anak. Salah satunya dengan bermain bersama. Inilah yang melatarbelakangi Nestle menghadirkan Happy Wonderland.

Brand Manager Nestle menjelaskan komitmen Nestle Lactogrow memberi wadah untuk memperkuat ikatan antar keluarga

Seperti tema yang diangkat yaitu Happy Wonderland, acara ini diharapkan bisa memberikan tujuan yang baik untuk anak dan orang tua. Acara ini diharapkan bisa menambah waktu berkualitas antar keluarga. Sebagaimana yang dikatakan oleh Psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi, Psi, Acc, bahwa waktu berkualitas adalah waktu yang dihabiskan dengan memberi perhatian penuh tanpa gangguan apapun. Jadi orang tua hanya memfokuskan perhatiannya pada anak. Tanpa disambi dengan kegiatan yang lain, apapun jenis kegiatannya. Anak yang sering merasakan waktu berkualitas bersama keluarga dapat tumbuh menjadi anak yang penuh kasih sayang, menyenangkan, ramah, adaptif dan mudah berteman.

Menurut Psikolog Elizabeth Santosa, salah satu langkah yang dapat dilakukan orang

Psikolog Elizabeth Santosa menerangkan pentingnya waktu berkualitas antar keluarga

tua untuk menciptakan waktu berkualitas untuk keluarga adalah dengan menerapkan Bahasa Kasih Anak (Love Languages of Children) yang terdiri dari :

  1. Afirmasi (menyampaikan kata-kata yang memotivasi atau mendukung)
  2. Waktu berkualitas (menjadi pendengar yang baik bagi anak, menjaga kontak mata)
  3. Sentuhan fisik (pelukan, belaian dll)
  4. Memberikan apresiasi (mengekspresikan kasih sayang melalui hadiah)
  5. Melayani atau membantu (membantu sikecil dalam melakukan kegiatan)

Semua orang tua sebaiknya menerapkan 5 bahasa kasih tersebut, agar anak merasa lebih dicintai dan bahagia. Walaupun beda anak, juga berbeda bahasa kasih yang diberikan, karena kecendrungan tiap anak berbeda dalam menerima bahasa kasih tersebut. Jadi kenali anak-anak kita, bahasa kasih mana yang paling tepat untuk mereka.

Untuk bisa menciptakan waktu yang berkualitas, kesehatan saluran cerna sangat berperan penting dalam kebahagiaan dan tumbuh kembang anak. Ahli gizi medik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, DR. dr. Saptawati Bardosono, MSc, yang lebih akrab disapa dengan dr. Tati ini menjelaskan bahwa saluran cerna yang sehat dapat mempengaruhi kualitas penyerapan zat gizi dan makanan, kecerdasan otak, dan sistem imunitas. Salah satu ciri pencernaan sehat adalah adanya keseimbangan mikrobiota baik pada usus. Bila komposisi mikrobiota saluran cerna anak dalam keadaan seimbang, maka terjadi komunikasi timbal balik antara saluran cerna dengan otak yang mengatur fungsi kognisi, perilaku dan karakter anak.

Dr. Tati berbagi kiat menjaga kesehatan saluran cerna pada anak agar anak dapat tumbuh kembang dengan optimal

Dr. Tati juga menambahkan karena pentingnya saluran cerna maka dikatakan sebagai otak kedua dalam tubuh manusia. Makanan yang kita makan dan bakteri yang ada didalam saluran cerna cukup kuat mempengaruhi perilaku manusia. Kita mungkin pernah merasa mual saat sedang dihadapkan dengan situasi yang tegang, misalnya saat akan ujian, atau sedang tidak nyaman dengan sesuatu. Karenanya agar anak selalu terjaga kesehatan saluran cernanya, anak perlu diberi nutrisi berupa bakteri baik, seperti Lactobacillus reuteri, serta zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral.

Untuk merasakan waktu bermain yang berkualitas sekaligus memahami lebih jauh mengenai pencernaan yang sehat, Nestle Lactogrow mengundang keluarga Indonesia untuk datang ke Happy Wonderland yang dipenuhi dengan beragam permainan edukatif dan interaktif seperti Happy tummy journey (permainan halang rintang yang mengajak anak mengenal saluran cerna yang sehat), Magical Art (layar interaktif ukuran besar yang mengajak bermajinasi menjelajahi wonderland), Carousel Craft (aktivitas kerajinan tangan yang mengajak orang tua dan anak saling membantu dan bekerja sama), Fantasy Box (area photo booth bertemakan wonderland)

Aktor Fachri Albar yang datang bersama istrinya Renata Kusmanto, dan anaknya River Albar, mengatakan “Sama seperti orang tua lain, saya dan istri juga ingin anak-anak kami bahagia. Tapi terkadang kami lupa bahwa kebahagiaan bisa diciptakan dari hal-hal sederhana. Dengan mendampingi River bermain di Happy Wonderland, selain menyenangkan hal itu juga menambah waktu berkualitas keluarga”. Dia juga mengatakan ditengah kesibukannya sehari-hari, dia selalu menyempatkan untuk memberi waktu berkualitas dengan buah hatinya, bahkan jika hanya bisa memberi 15-30 menit saja. Yang penting anak selalu bisa merasakan bahwa orang tuanya selalu ada jika dibutuhkan.

Fachri Albar menjawab pertanyaan seputar cara menjaga waktu berkualitas antar keluarga
Fahri Albar bersama istri dan anaknya, River Albar

Setelah mengikuti press release, kami kemudian bersama-sama ke Mall Panakkukang, tempat berlangsungnya Nestle Lactogrow Happy Wonderland. Antusias masyarakat terlihat begitu besar mengikuti beragam permainan dan kegiatan yang dihadirkan. Arena kegiatan permainan ini adalah :

Happy tummy journey

Si kecil bermain mengumpulkan bola smiley

Magical art

Magical art menjelajahi daya imajinasi anak di Wonderland

Carousel Craft

Jenis aneka permainan Carousel craft
Tampak orang tua mendampingi anaknya di arena Carousel Craft

Fantasy box

Anak-anak bermain di arena Fantasy Box

      Acara ini sukses menghadirkan lebih banyak kebahagiaan untuk orang tua dan anak. Semoga tahun depan Nestle Lactogrow menghadirkan kegiatan dengan tema berbeda yang lebih menarik lagi. Agar keluarga Indonesia bisa menjadi keluarga yang bahagia. Because happy family is just the right mix of nurture and love.

Nantikan keseruan Nestle Lactogrow Happy Wonderland di kota-kota selanjutnya yaitu Surabaya tanggal 16 – 17 September 2017 dan Medan tanggal 30 September – 1 Oktober 2017.

6 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here