Teknologi canggih terbaru dari Morula IVF Makassar

Kabar gembira buat para pejuang dua garis di Makassar karena Morula IVF Makassar saat ini sudah menerapkan teknologi canggih terbaru. Tapi tunggu dulu, buat yang belum tau apa sih sebenarnya Morula IVF itu?

Morula IVF adalah klinik untuk program kehamilan bagi pasangan suami istri yang telah menikah. Bertempat di Lantai 9 Rumah Sakit Awal Bros Makassar, Morula IVF ditangani oleh dokter dan perawat yang profesional dibidangnya. Direktur IVF Makassar yaitu Prof. Dr. dr. Nusratuddin Abdullah, Sp. OG (K), MARS, sudah dikenal sebagai dokter yang cukup banyak membantu kehamilan bagi pasangan suami istri di Makassar.

Layanan Morula IVF Makassar meliputi :

1. Program Kehamilan dibantu – In Vitro Fertilisation (IVF) dan Intra Cytoplasmic Sperm Injection (ICSI), Intra Uterine Insemination (IUI), pembekuan sperma dan embrio.

2. Intracytoplasmic morphologically selected sperm injection (IMSI).

3. Time Lapse.

4. Layanan akupunktur khusus infertilitas dan kehamilan.

5. Layanan konsultasi kesehatan pria.

6. Layanan PESA/TESE.

7. Layanan konseling psikologi dengan psikologi klinis.

8. Jasa laboratorium spermatologi – analisa sperma dan pencucian sperma.

9. Bank sperma dan embrio. Dengan alat-alat kedokteran terkini, serta prinsip High End dan High Tech akan diberikan perawatan khusus dan profesional disetiap tahapnya.

Dan kabar baiknya saat ini teknologi canggih kembali ditawarkan klinik Morula IVF Makassar yaitu, Pertama, pada pasien yang tidak didapatkan sperma saat analisa sperma (azoospermia) dapat diupayakan dengan teknologi pengambilan sperma langsung dari testis, melalui prosedur Percutaneous Epididymal Sperm Aspiration (PESA) atau Testicular Sperm Aspiration (TESA). Kemudian, teknologi canggih berikutnya ialah Intracytoplasmic Sperm Injection (ICSI), dimana proses pembuahan (fertilisasi) dilakukan dengan cara menyuntikkan satu sperma terpilih langsung ke dalam sel telur. Dengan teknologi ICSI, penolakan sel telur terhadap sperma suami juga bisa dihindari.  Berbeda dengan cara konvensional yang memerlukan sekitar 40.000 sperma untuk membuahi satu sel telur, serta kemungkinan kegagalan fertilisasi karena penolakan sperma suami oleh sel telur istri.

Selanjutnya, yang lebih maju dari ICSI adalah teknologi Intracytoplasmic morphologically selected sperm injection (IMSI). Teknologi ini serupa ICSI, namun pemilihan sperma terbaik dilakukan lebih detail menggunakan mikroskop khusus yang bisa memperbesar penampakan sperma hingga 6.000 kali. Dengan teknologi IMSI, kecacatan bentuk pada sperma bisa terdeteksi sebelum fertilisasi. Sperma yang mempunyai bentuk tidak sempurna akan berakibat pada perkembangan embrio yang kurang baik dan berakhir dengan gagalnya program bayi tabung.

Teknologi IMSI merupakan pengembangan ICSI untuk menyeleksi sperma dengan lebih detail menggunakan mikroskop dengan kemampuan pembesaran sangat tinggi. Teknik ini memungkinkan ahli embriologi memilih sperma terbaik untuk proses fertilisasi. Dengan teknik ICSI, seleksi sperma dilakukan dengan pembesaran 40 kali, sementara dengan IMSI pembesaran bisa sampai 6.000 kali.

Untuk meningkatkan keberhasilan bayi tabung, Morula IVF Makassar juga telah menyediakan teknologi terbaru kedua pada program bayi tabung yaitu Time Lapse. Memegang peranan penting dalam tahapan pemilihan embrio terbaik, penggunaan Time Lapse sangat perlu untuk dipertimbangkan. Time Lapse digunakan untuk mengamati perkembangan sel embrio, sehingga embrio dengan perkembangan atau pembelahan sel yang tidak normal dapat diketahui. Dengan kualitas embrio yang baik, akan membantu meningkatkan keberhasilan program bayi tabung.

Di Indonesia, teknologi IMSI masih baru dan diterapkan di beberapa klinik fertilitas, sedangkan untuk Time Lapse sendiri hanya ada 4 pusat klinik bayi tabung di Indonesia yang memilikinya termasuk Morula IVF Makassar yang berada di Rumah Sakit Awal Bros Jl. Urip Sumoharjo No. 43 Makassar Sulawesi Selatan. Kedua teknik ini dapat menjadi harapan baru bagi pasangan yang ingin menimang buah hati.

Seminar Kesehatan “Memilih Program Kehamilan yang Tepat”

Seminar kesehatan oleh Morula IVF dibawakan oleh dokter-dokter dan bintang tamu yang sudah menggunakan jasa Morula IVF. Turut hadir saat itu, Tya Ariestya yang sudah menjalani program kehamilan dengan bantuan Morula IVF. Artis yang seringkali bermain taekwondo ini mengatakan bahwa dia dan suami adalah pasangan yang sangat mendambakan buah hati sejak awal menikah. Namun karena kondisi Tya yang mempunyai siklus menstruasi yang tidak teratur atau biasa dikenal dengan PCOS (Polycystic Ovary Syndrom), dia pun merasa perlu untuk berkonsultasi di klinik Morula IVF.

Tya Ariestya yang sudah berhasil menjalani program bayi tabung Morula IVF

Saat ini mba Tya telah memiliki 2 orang anak dan keduanya dengan bantuan Morula IVF. Jenis layanan yang digunakan Tya adalah ICSI (Intracytoplasmic Sperm Injection) untuk program kehamilan anak pertama, dan untuk kehamilan anak keduanya dia menggunakan program kehamilan IMSI (Intracytoplasmic morphologically selected sperm injection), yang saat ini juga telah ada di klinik Morula IVF Makassar.

Seminar Kesehatan kemudian dilanjutkan oleh dr. Sriwijaya, SP.OG (K) yang membawakan materi tentang “Seberapa suburkah kami dilihat dari faktor istri dan kemudian dilanjutkan oleh dr. Rossy, Sp.And yang membawakan materi kesuburan dilihat dari faktor suami. Kedua dokter ini mengatakan bahwa untuk memiliki buah hati, memang sangat dibutuhkan kerjasama yang baik antar pasangan, dengan cara rutin memeriksakan kesehatan reproduksi bagi suami juga istri untuk keberhasilan program kehamilan. Kemudian dilanjutkan dengan Prof. Arief Boediono, PhD yang membawakan materi Teknologi Reproduksi Berbantu Terkini. Acara seminar kemudian dilanjutkan dengan diskusi, tanya jawab dan saling sharing antar peserta dengan pembicara yang hadir.

dr. Sriwijaya, SP.OG (K) membawakan materi pada seminar kesehatan

Launching short movie “Cucu” pada acara Fabulous 2 years Morula IVF Makassar

Morula IVF Makassar saat ini sudah memasuki usia 2 tahun dan menggelar acara Fabulous 2 years di Phinisi Point Makassar. Begitu banyak hadiah yang dibagikan pada peserta yang hadir saat itu. Yang menyenangkannya lagi karena acara ulang tahunnya digelar dengan melaunching film pendek “Cucu”. Dibintangi oleh Ikhram, Firdzah dan Tumming Abu, film ini mengangkat tema tentang orang tua yang sangat ingin menimang cucu dari anaknya.

MC bersama Tumming Abu membuka selebrasi perayaan Ulang tahun Morula IVF ke 2
Pemain short movie “Cucu” yang diperankan oleh Ikhram dan Fildzah

Film Cucu ini sangat relevan dengan tema acara yang dihadirkan saat itu, karena pasangan yang bermain di film tersebut sudah menikah selama beberapa tahun namun belum dikarunia anak sampai saat ini. Akhirnya atas rekomendasi dari Tumming dan Abu mereka datang ke klinik Morula IVF Makassar di RS. Awal Bros Makassar. Seperti biasa kehadiran Tumming Abu selalu lucu dan menghidupkan suasana dalam film tersebut. Semua yang hadir pun begitu terhibur dan senang menyaksikan film pendek yang dilaunching malam itu.

 

Perayaan Ulang tahun ke 2 “Fabulous 2 years Morula IVF Makassar”

Selamat Ulang tahun yang ke 2 untuk Morula IVF Makassar, semoga makin banyak pasangan suami istri yang bisa mendapatkan buah hati yang diidam-idamkan dengan bantuan Morula IVF.

 

10 KOMENTAR

  1. Senang bisa hadir di acara ini, bisa nambah ilmu sekaligus menyebarkan info ttg Morula IVF ke masyarakat. Semoga makin banyak pasangan yg terbantu atas keberadaan Morula di Makassar.

  2. sebagai warga kota makassar, kita patut berbangga ya kak ada klinik dengan teknologi canggih seperti ini. ga perlu jauh2 lagi keluar negeri kalo mau program kehamilan

  3. Gak perlu jauh-jauh lagi untuk cari-cari klinik bagi teman-teman yang akan dan sedang program kehamilan yah kak, sudah ada Morula IVF Makassar apalagi teknologi dan layanan yang ditawarkan juga sudah cangih pokoknya mah, tinggal perkuat didoa InsyaaAllah

  4. saya sangat antusias dan menyambut baik adanya klinik Morula IVF di Makassar.. keren ya pasiennya sudah ratusan yg datang dari Indonesia Timur, serius berkonsultasi dan bisa berhasil mewujudkan mimpinya punya momongan.. selamat ulang tahun kwdua buat Morula IVF Makassar 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here