Baru-baru ini banyak orang dikejutkan dengan pemberitahuan dari badan POM terkait penarikan ijin edar untuk obat Albothyl di pasaran. Bagaimana tidak? Obat ini begitu sering kita gunakan untuk mengobati sariawan atau sebagai antiseptik untuk sehari-hari. Jadi, kenapa bisa ditarik dari pasaran? Saya pun mencoba melihat komposisi Albothyl konsentrat. Pada kemasannya, tiap 1 gram Albothyl mengandung 360 mg Policresulen. Policresulen inilah yang dikatakan tidak tepat digunakan untuk mengobati sariawan atau digunakan untuk pengobatan oral. Policresulen bekerja sebagai hemostatik (jenis obat untuk menghentikan pendarahan) dan antiseptik. Pada umumnya digunakan untuk mengobati gangguan pada anus seperti hemoroid dan juga untuk infeksi pada ginekologi seperti mengobati peradangan leher rahim atau serviks. Lalu mengapa di Indonesia digunakan sebagai obat sariawan?

PT. Pharos selaku produsen dari Albothyl menuturkan pada media bahwa, Indonesia bukan satu-satunya negara yang menggunakan Albothyl. Sudah banyak negara di dunia yang menggunakan Albothyl, dan juga dalam pengawasan yang menyeluruh, termasuk untuk indikasi dan komposisi obat. Namun menurut mereka, karena adanya penarikan ijin edar, maka pihak dari PT. Pharos akan mengikuti prosedur ini.

BPOM selaku pihak yang menarik Albothyl di pasaran mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali menerima laporan kasus akan efek samping dari Policresulen pada Albothyl. Yang paling parah, bahkan sampai mengalami luka serius pada jaringan mulut. Tetapi jika ditelusuri lagi, mengapa pihak dari BPOM seakan-akan terlambat mengeluarkan penarikan untuk peredaran Albothyl? Setelah banyak laporan untuk kasus ini, barulah produk ditarik dari pasaran.

Policresulen dalam Albothyl diketahui kurang baik digunakan untuk mengobati sariawan. Ini karena Policresulen menyebabkan iritasi pada mukosa mulut, bahkan menyebabkan jaringan rusak lebih besar lagi. Penggunaan Policresulen secara oral (penggunaan melalui mulut dan saluran cerna) memang jarang digunakan mengingat efek sampingnya, meskipun sebenarnya bisa digunakan untuk mengobati luka pada mulut. Saya termasuk yang kurang nyaman menggunakan Albothyl untuk sariawan. Bukannya sembuh, luka karena sariawan menjadi melebar. Walaupun setelah memakai Albothyl sariawan menjadi berkurang sakitnya.

Pengetahuan akan penggunaan obat memang harus betul-betul maksimal. Paling tidak selalu cek KLIK (Kemasan, Label, Informasi obat dan Kadaluwarsa) pada obat. Sariawan pada mulut bisa sembuh dengan cepat jika melakukan penanganan yang tepat. Sariawan adalah luka atau radang di sekitar bibir, gusi dan lidah. Sariawan biasanya disebabkan akibat kurang vitamin C, luka akibat tergigit, atau kondisi mulut yang kurang bersih. Sariawan tergolong tidak berbahaya namun menimbulkan rasa tidak nyaman saat sedang makan.

Tetapi waspadalah jika sariawan tidak kunjung sembuh atau tumbuh terus menerus ditempat yang sama. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya. Untuk mengatasinya, kita harus menambah asupan vitamin C dan makanan yang kaya akan serat. Penggunaan antiseptik juga bisa dilakukan untuk membantu menjaga kebersihan mulut. Selain itu konsumsi makanan yang lembut untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat sariawan.  

Baca juga : Radang tenggorokan selalu datang berulang

4 KOMENTAR

  1. saya hanya sekali beli albothyl, pas liat cairan dan baunya terlalu tajam, jadi urung makainya, terlebih liat iklan buat bersihkan alat kewanitaan, berasa naruh air bersihin bagian bawah di mullut hehehe.

    btw kalau gak salah dulu ada dokter yang protes masalah albothyl yang tidak tepat buat di mulut, eh malah dituntut ama pihak ini.
    sekarang kena batunya deh.

  2. nah, itu dia kenapa abru sekarang ya , kenapa gak dai dulu saat produk ini sdh diluncurkan, kan abothyl ini sudah lama banget . Banyak yang sembuh juga dg abolthyl dan ada juga yang gak kayaknya sih individual banget, cocok2an ya, kalau aku sariawan gak pernah diobati karena katanay diobati atau gak sembuhnya waktunya sama

  3. aku jarang banget pakai obat2an terutama untuk anak2, biasanya kalau mereka sariawan langsung aku beliin buah, banyakin minum dan madu, krn dirumah sih mbak. biasanya kalau parah banget baru beli obat tp bukan abotyl dg baca ini jadi tahu lebih mendalam kenapa abotyl dilarang. tfs y

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here