Dulu, saat perempuan ingin merawat kulit dengan cara peeling mungkin hanya bisa dilakukan di klinik kecantikan atau ahli dermatoligis saja. Harganya pun bukan harga yang murah untuk satu kali perawatan, belum lagi jika harus ditempuh perjalanan yang tidak singkat, tentu sangat menguras energi dan waktu kita kan? Tapi itu sih dulu, sekarang peeling dirumah sendiri ternyata bisa lho?

Tapi sebelumnya mungkin kita perlu tahu tentang apa sih peeling itu? Peeling adalah perawatan kulit yang dilakukan dengan cara eksfoliasi atau mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat pada lapisan epideermis. Perawatan eksfoliasi atau chemical peeling telah banyak dilakukan sejak awal tahun 90-an. Dengan mengangkat sel-sel kulit mati, akan membantu menyamarkan garis halus pada wajah, menghilangkan jerawat, serta manfaat lainnya. Efeknya kulit akan lebih kencang, segar dan tidak kusam.

Menurut dr. Inneke Jane Hidayat, MD, MSc, seorang dokter ahli kulit atau khususnya dermatovenereologist, kulit manusia sebenarnya memiliki proses regenerasi secara alami setiap 8 hari sekali. Namun, seiring bertambahnya usia, proses regenerasi akan menjadi lebih lambat dan lama. Sel-sel kulit mati pun akan menumpuk pada lapisan atas kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering, kusam dan bahkan berjerawat.

Proses regenerasi kulit

Lapisan kulit terbagi atas dua lapisan yaitu dermis dan epidermis. Lapisan dermis adalah lapisan yang terletak di bawah kulit, sedangkan lapisan epidermis berada pada bagian atas. Lapisan epidermis terbagi atas :

  • stratum basale (lapisan bawah di bagian epidermis)
  • stratum spinosum (lapisan kedua)
  • stratum granulosum (lapisan ketiga)
  • stratum corneum (lapisan paling atas)

Jika terjadi secara alami, sel kulit mati dapat dihilangkan dengan cara yang cepat. Tapi jika tidak, sel kulit mati akan menumpuk pada bagian epidermis dan sulit tergatikan dengan sel kulit baru. SEcara alami proses penggantian sel kulit digambarkan sebagai berikut :

Proses penggantian sel kulit mati 

Sel kulit baru ~ Muncul ke permukaan lapisan kulit ~ Terjadi proses degenerasi kulit ~ Hilangnya sel kulit mati

(Sumber gambar : Presentasi dr. Inneke Jane Hidayat, MD, MSc)

Namun pada kenyataannya, regenerasi sel kulit berjalan tidak semudah itu. Salah satu penyebabnya adalah faktor pertambahan usia yang membuat proses regenerasi kulit menjadi lambat dan lebih lama. Jika pada usia baru lahir, lapisan kulit bisa mengalami regenerasi selama 14 hari, usia remaja selama 20 hari, di atas 20 tahun bertambah menjadi 28 hari, begitu selanjutnya semakin bertambah usia maka semakin lambat proses regenerasi kulit terjadi.

Lalu bagaimana untuk mempercepat proses regenerasi kulit untuk kulit yang usianya sudah tidak muda lagi. Berikut beberapa cara mempercepat proses regenerasi kulit :

  • menggunakan krim pelindung matahari
  • melakukan proses hidrasi
  • memakai moisturizer atau pelembab wajah
  • menggunakan cara eksfoliasi atau pengelupasan kulit

Proses eksfoliasi atau peeling termasuk cara yang cepat dan tergolong aman untuk dilakukan. Berikut beberapa metode yang dilakukan dalam proses eksfoliasi :

  • Menggunakan bahan kimia

Bahan kimia yang dapat digunakan seperti asam hidroksi, vitamin A dan enzym. Proses eksfoliasi dengan metode ini membantu menghilangkan sel kulit mati, menstimulasi kolagen, mencerahkan warna kulit dan meningkatkan munculnya sel kulit baru.

  • Menggunakan proses mekanik

Proses eksfoliasi secara mekanik dilakukan dengan menggunakan alat-alat seperti sikat scrub abrasif dan spons dermabrasi. Sama halnya dengan metode menggunakan bahan kimia, proses mekanik mendapatkan efek yang sama.

Namun pada kenyataannya, ternyata banyak perempuan yang merasa takut untuk melakukan perawatan eksfoliasi atau peeling secara terus menerus. Hal ini karena seringnya terjadi iritasi kulit,  dan yang paling ditakutkan adalah terjadinya penipisan kulit wajah.

 

Maxi Peel, produk peeling untuk perawatan kulit

Menjawab rasa takut banyak perempuan di Indonesia, Splash Corporation sebuah perusahaan terkemuka di Indonesia, merilis produk micro-exfoliat fluid ke Indonesia. Maxi peel adalah produk yang telah terbukti aman dan efektif untuk penggunaan setap hari tanpa menimbulkan pengelupasan dan kemerahan pada kulit. Setelah sebelumnya dirilis di Jakarta, Makassar dipilih sebagai kota selanjutnya untuk menjangkau pasar konsumen yang lebih besar.

Maxi peel adalah produk micro exfoliant fluid yang sebelumnya telah sukses di pasar Filipina. Brand manager personal care Maxi Peel, Charmaine E. Sales, mengungkapkan bahwa di Filipina produk ini dikenal dengan nama Maxi Peel Zero, namun komposisi dan jenis bahan yang digunakan tetap sama.

Charmaine kembali menjelaskan bahwa kandungan Maxi peel tergolong aman yaitu vitamin A, C, E dan B. Efeknya selain dapat melembabkan kulit dan melindungi kulit dari sinar UV, formulanya yang unik dan inovatif membuat kulit jadi lebih halus, cerah serta mencegah timbulnya jerawat.

dr. Inneke dan Charmaine memperkenalkan produk Maxipeel
Charmaine E. Sales, menjelaskan tentang produk Maxipeel

Bagaimana cara menggunakan maxipeel?

Maxipeel sangat mudah didapatkan dimana saja, selain itu harganya yang tergolong mudah dijangkau yaitu seharga 20.000 membuat perempuan Indonesia bisa lebih mudah untuk melakukan perawatan kulit sendiri. Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah, berikut petunjuk penggunaannya :

  1. Tuangkan Maxipeel pada kapas dan oleskan pada wajah dan leher
  2. Namun sebaiknya sebelum diaplikasikan pada wajah, terlebih dahulu di coba pada kulit di bagian belakang telinga untuk menguji tingkat sensitifitas kulit masing-masing. Jika menimbulkan reaksi yang sensitif, maka dianjurkan untuk dikonsultasikan dengan dermatologist.
  3. Gunakan sekali di malam hari sebelum tidur
  4. Jika ingin digunakan di pagi atau siang hari, hindari kontak langsung dengan matahari
  5. Hindari penggunaan di sekitar mata, mulut dan membran mukosa lainnya
  6. Jangan digunakan dengan produk exfoliant atau pembersih lainnya

Dengan mengetahui pengaplikasian Maxi peel pada wajah, perempuan Indonesia pun bisa lebih mudah dan efektif melakukan perawatan kulit sendiri. Kulit kusam dan tidak terawat, bye byeeee….

Pertanyaan yang sering diajukan seputar Maxi-peel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here