WorkshopGrow Happy Parenting” dari Nestle Lactogrow

Pengisi acara dalam workshop “Grow happy parenting”

Suasana ruangan saat itu masih sepi  sewaktu saya tiba di Iconik Café, tempat diadakannya WorkshopGrow Happy Parenting”. Lantunan lagu You are my Sunshine berulang kali terdengar di telinga dan mau tidak mau saya jadi hapal betul dengan setiap kata-kata dalam lirik lagunya.

? You are my sunshine my only sunshine. You make me happy though skies are grey. And you wont know dear how much I love you. And I’ll make sure you grow happy always ?

Anak memang laksana sinar matahari bagi orang tuanya. Kehadirannya menerangi hari-hari dalam kehidupan kita. Jika mataharinya bersinar cerah, sinarnya dapat menerangi setiap napas dalam kehidupan kita. Tapi tatkala redup, bagaimana cara kita bisa membuatnya bersinar kembali?

Inilah salah satu alasan saya selalu excited mengikuti kegiatan workshop seputar dunia parenting. Dunia anak yang semakin hari semakin berkembang, “memaksa” kita untuk bisa menjadi orang tua yang lebih siap, update dan tanggap dalam belajar setiap hal-hal yang baru.

Salah satu yang paling concern dengan dunia perkembangan anak adalah Nestle Lactogrow. Slogan “Grow Happy” yang diusungnya memang selalu selaras dengan kegiatan yang diadakannya. Brand Executive Nestle Lactogrow, Pramudita Sarastri mengatakan mereka berkomitmen dalam menciptakan kebahagiaan dalam tumbuh kembang anak.

Brand Executive Nestle Lactogrow, Pramudita Sarastri

Tuturnya, setelah tahun lalu bersama-sama memahami pentingnya kebahagiaan keluarga dalam mendukung tumbuh kembang anak, maka tahun ini Lactogrow menggelar rangkaian workshopGrow Happy ParentingHappy From the Inside Out di delapan kota Indonesia. Tema ini dipilih karena untuk anak dapat tumbuh kembang secara optimal, orang tua perlu memenuhi kebutuhan gizi dan membantu mengembangkan kematangan emosi anak.

Kamu juga bisa baca metode Grow Happy lainnya disini

Pentingnya probiotik untuk kesehatan saluran cerna

Bahasan selanjutnya kemudian dibawakan oleh dokter spesialis anak yang khusus membidangi gizi anak. Dr. dr. Ariani Widodo, Sp, A (K) mengatakan kesehatan saluran cerna mendukung tumbuh kembang anak agar dapat optimal. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk memastikan makanan yang dikonsumsi bergizi seimbang dan mengandung probiotik agar membantu nutrisi dapat terseap lebih baik.

dr. Andini menerangkan pentingnya menjaga saluran cerna untuk tumbuh kembang anak yang optimal

Selain zat gizi utama yang diperlukan tubuh, probiotik adalah jenis yang dibutuhkan untuk kesehatan saluran cerna. Mengapa probiotik? Probiotik dapat memberi manfaat bagi tubuh dengan memicu pertumbuhan bakteri baik. Probiotik juga menekan pertumbuhan bakteri jahat dalam saluran pencernaan. Jika dibuat contoh, dengan banyaknya bakteri baik dalam tubuh maka jenis-jenis bakteri jahat yang bisa menimbulkan gangguan pada saluran cerna tidak bisa melekat karena sudah dikelilingi dengan bakteri baik.

Makanan merupakan perantara yang membawa zat-zat gizi dalam saluran cerna, dengan sifatnya sebagai berikut :

  1. Membantu bakteri melewati saluran cerna
  2. Mengandung probiotik (alami atau buatan)
  3. Menyediakan zat nutrisi lain bagi tubuh

Lalu jenis-jenis makanan apa saja yang mengandung probiotik? Yang paling mudah didapatkan yaitu tempe, tahu, yogurt dan jenis makanan lain yang diketahui juga banyak mengandung probiotik namun kurang mudah didapatkan adalah kimchi, kefir dan kombucha. Jenis probiotik yang terbukti bermanfaat adalah dari jenis Lactobacillus sp, Bifidobacterium sp, Saccharomyces boulardii, dan beberapa spesies E. Coli.

Salah satu jenis mikroorganisme probiotik yang sering digunakan dari spesies Lactobacillus adalah Lactobacillus Reuteri. Jenis probiotik ini sering digunakan karena :

  1. Dapat bertahan hidup pada pH rendah dan lingkungan yang diperkaya enzim
  2. Dapat menempel pada epitelium untuk interaksi host-probiotik
  3. Berkompetisi dengan mikroorganisme patogenik
  4. Dan yang terpenting adalah sifatnya yang aman dikonsumsi

 Dari jenis probiotik tersebut, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya. Yang paling umum kita ketahui mungkin untuk kesehatan saluran cerna. Namun, ternyata ada manfaat lain yang bisa kita dapatkan.

  1. Bakteri baik mempersingkat durasi diare akut

Beberapa kali saat memeriksakan anak yang sedang diare ke dokter anak, saya sering melihat dokter meresepkan jenis probiotik dalam membantu penyembuhan diare. Ternyata dengan bantuan bakteri baik, bakteri jahat penyebab diare bisa segera disingkirkan.

  1. Lactobacillus reuteri membantu mengatasi konstipasi

Anak-anak sering sekali mengalami konstipasi atau sembelit, apalagi jika si anak susah makan sayur dan buah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dengan mengkonsumsi probiotik bisa membantu mengatasi konstipasi.

  1. Lactobacillus reuteri baik untuk kolik bayi.

Kolik adalah gangguan yang dialami pada bayi yang membuatnya bisa menangis berjam-jam tanpa alasan yang jelas. Biasanya disebabkan oleh rasa yang tidak nyaman pada perut atau saluran cerna. Meskipun ada cara penanganan lainnya, pemberian probiotik juga diketahui bisa membantu meredakan kolik pada bayi.

  1. Lactobacillus reuteri diketahui bisa menghasilkan jenis vitamin tertentu

Jenis mikrobiotik usus seperti Lactobacillus reuteri diketahui mampu menghasilkan vitamin B12 dan vitamin K yang sangat baik untuk membantu perkembangan otak.

  1. Probiotik berperan dalam mempengaruhi fungsi kognitif

Pada anak, probiotik berperan dalam menciptakan kognitif yang lebih baik. Ini sangat baik untuk membantu anak dalam belajar dan mengingat sesuatu dalam lingkungan sekolahnya kelak. Dengan fungsi kognitif yang baik, si anak juga bisa lebih mudah dalam bersosialisasi di lingkungan sekolah maupun keluarganya.

Memaksimalkan pola asuh untuk anak tumbuh bahagia

Miss Lizzy, psikolog yang dengan baik menerangkan bagaimana menciptakan pola asuh yang baik

Tak hanya memperhatikan asupan nutrisi dan probiotik yang dikonsumsi anak, orang tua juga harus memperhatikan kematangan emosi anak. Psikolog Elizabeth Santosa, M. Psi, Psi, SFP, ACC mengatakan, kematangan emosi dan kebahagiaan anak dapat dibantu dengan mempraktekkan perilaku positif. Orang tua berperan sangat penting dalam menciptakan kebahagiaan pada anak. Lalu bagaimana agar anak bisa tumbuh bahagia?

Miss Lizzy sapaan akrab Elizabeth Santosa,  membuka sesi workshopnya sambil bertanya pada kami, apa itu bahagia? Samakah bahagia dengan senang? Bagaimana cara kita bisa bahagia setiap harinya? Mengapa menciptakan anak yang tumbuh bahagia penting untuk kita?

Rasa senang bisa kita rasakan saat mendapatkan sesuatu yang kita inginkan atau mungkin kita impikan sejak lama. Tapi kesenangan itu belum tentu membuat kita bahagia. Kita bisa bahagia jika hati kita merasa tenang, pikiran rileks dan kedamaian dalam diri kita. Sejatinya, kebahagiaan berasal dari dalam kita sendiri. Kebahagiaan bisa kita peroleh dengan senantiasa bersyukur dengan apa telah kita miliki sekarang ini.

Lalu mengapa menciptakan anak yang tumbuh bahagia penting bagi orang tua? Berdasarkan beberapa responden orang tua yang diwawancarai mengatakan, setuju akan  pentingnya kebahagiaan dalam tumbuh kembang anak. Hal ini dibutuhkan untuk :

  1. Mempersiapkan masa depan anak yang lebih baik
  2. Kebahagiaan penting sebagai dasar kemampuan bersosialisasi (empati, caring, komunikasi efektif)
  3. Stimulasi perkembangan otak sehingga mudah menyerap informasi dan hasil akademik yang lebih baik
  4. Kewajiban dan peran orang tua pada anaknya

Seorang anak yang dicintai dan memiliki pola asuh yang baik sejak dini, akan memiliki hippocampus 10 % lebih besar. Yaitu bagian otak yang penting untuk proses belajar, memori, respon terhadap stress. Secara umum, dapat diasumsikan bahwa masa kecil yang dipenuhi cinta ibu adalah masa kecil yang bahagia. Joan L Luby (2012) Professor Child Psychiatri

Kesehatan emosional atau kebahagiaan di masa kecil adalah hal yang paling tepat untuk meprediksi life satisfaction dan well being pada orang dewasa. Hal ini paling berpengaruh daripada hal lainnya seperti prestasi, pekerjaan atau kekayaan. Professor Richard Layar (2013)

Aktivitas apa yang bisa membuat anak  merasa bahagia? Jika ditelusuri, anak-anak merasa bahagia jika melakukan aktivitas yang menyenangkan atau saat bersama kakak/adik atau keluarga. Kuncinya adalah keterlibatan orang tua saat bersama anak-anaknya, dengan tegas dikatakan oleh Miss Lizzy. Jadi, jenis mainan atau gadget mahal yang kita berikan pada anak-anak, mungkin hanya sepersekian persen dari kebahagiaan yang bisa kita ingat saat besar nanti.

Bagaimana membesarkan anak agar dapat tumbuh bahagia? Berikut beberapa caranya :

  1. Makan makanan bergizi tepat waktu

Makanan bergizi diperlukan untuk tumbuh kembang anak sehari-hari. Tetapi tidak hanya itu ternyata rutinitas yang sehat di waktu makan dapat memicu energi dan pertumbuhan dan sekaigus menjaga anak-anak tetap tenang dan puas karena metabolisme yang baik.

  1. Pentingnya waktu bermain dan eksplorasi

Waktu bermain antara orang tua dengan anak sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya. Bukan dari jenis mainan yang diberikan, tetapi dengan meluangkan waktu bermain bersama sambil selalu mengeksplorasi lingkungan bisa membuat anak tumbuh dengan rasa bahagia

  1. Ekspresi emosi dan positif

Emosi atau perasaan tetap harus kita keluarkan dan kita perlihatkan kepada anak. Emosi negatif seperti rasa marah, benci, tidak suka, depresi bisa kita keluarkan tetapi harus dengan kadar dan waktu yang tepat. Tentu saja tidak sehat jika rasa depresi kita pelihara lama-lama. Emosi positif harus selalu mendominasi dengan cara selalu memberikan dan mengungkapkan apa yang kita syukuri terhadap dunia.

  1. Cukupi waktu tidur

Waktu tidur pada anak juga adalah aspek penting dalam kebahagiaan pada anak. Tidur malam selama 8 jam dan tidur siang selama kurang lebih 1 jam adalah waktu yang paling baik untuk anak. Terlalu lama tidur siang juga tidak baik karena bisa membuat anak tetap ingin bermain walau sudah larut malam.

  1. Berikan cinta tanpa syarat

Cinta tanpa syarat harus selalu diberikan orang tua untuk keluarganya. Rasa cinta membuat anak selalu merasa bahagia dan tenang menghadapi kehidupan.

  1. Antusias saat mendengar (active listening)

Orang tua adalah tempat pertama anak bisa bercerita kehidupannya setiap hari. Yang kita lakukan adalah selalu antusias dalam mendengarkan sehingga anak bisa selalu merasa nyaman untuk bercerita.

Menutup workshop kali itu, Lactogrow mengajak kami bermain games bersama. Setiap kelompok diharuskan membuat menu sehat dan seimbang untuk dikonsumsi anak-anak setiap harinya. Menunya dibuat dalam bentuk playdoh warna-warni yang harus menggambarkan jenis makanan tertentu. Syukurlah kelompok kami mendapat juara II dalam games tersebut.

Suasana games saat workshop diadakan

Juara I Games menyusun menu sehat untuk anak
Dapat juara II nih 🙂

Kegiatan workshop ini membawa banyak manfaat untuk kita para orang tua. Teori dari para pakar yang sudah berpengalaman sudah kita dapatkan, tinggal prakteknya dalam kehidupan sebenarnya. Semangat moms..

Foto dari dwiananta.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here