Apa itu imunitas tubuh?

Di tengah gencarnya wabah Virus Corona yang melanda hampir semua negara di seluruh dunia, higienitas dan imunitas tubuh menjadi beberapa faktor yang terus-menerus dihimbau untuk selalu ditingkatkan di kalangan masyarakat. Jenis virus yang baru-baru ini begitu mewabah di seluruh dunia membuat masyarakat menjadi lebih menyadari pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan dan meningkatkan daya tahan tubuh masing-masing. Untuk lebih jelasnya sebenarnya apakah yang dimaksud dengan imunitas tubuh?

Beberapa waktu yang lalu saya sempat melakukan diskusi secara online dengan seorang dokter bernama dr. Dian Angraeni. Dokter yang sehari-hari bekerja di salah satu layanan kesehatan di Sulawesi selatan ini menekankan pentingnya menjaga daya tahan tubuh di tengah gencarnya wabah virus Corona di Indonesia. Selain gerakan mencuci tangan yang merupakan bagian dari menjaga higienitas diri, menjaga daya tahan tubuh juga adalah salah satu aspek penting.

dr. Dian Angraeni bersama tim medis

Faktor penyebab imunitas menurun?

Imunitas adalah kemampuan alami tubuh untuk mempertahankan diri dari serangan zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh, sifatnya tidak berdiri sendiri atau tunggal melainkan gabungan dari beberapa faktor. Imunitas tubuh masing-masing terbentuk secara alami dan disebabkan oleh bermacam-macam faktor seperti gaya hidup bahkan juga faktor keturunan. Ada beberapa orang yang memang dilahirkan memiliki imunitas rendah misalnya saja orang dengan penyakit autoimun, atau dengan komplikasi penyakit tertentu seperti diabetes dan jantung.

Selain faktor-faktor tersebut, beberapa faktor yang juga bisa mempunyai imunitas rendah adalah :

  • Gaya hidup tidak sehat

Orang-orang yang memiliki gaya hidup tidak sehat sangat rentan memiliki imun yang rendah dan lebih mudah terserang penyakit. Misalnya saja perokok, kurang berolahraga, kurang asupan makanan bergizi, kurang mengkonsumsi air putih, dan orang-orang yang bekerja dengan tingkat stress tinggi juga termasuk dalam memiliki pola hidup yang tidak sehat.

  • Usia lansia

Usia lansia adalah usia dimana tubuh memiliki imunitas yang rendah akibat metabolisme tubuh yang berjalan lebih lambat dibandingkan pada usia produktif. Usia lansia juga termasuk usia yang lebih jarang bergerak sehingga rentan dengan daya imunitas rendah.

Usia lansia adalah orang-orang dengan usia 60 tahun keatas. Dalam kasus kematian akibat wabah penyakit virus Corona di Italia, sebanyak 86%  kasus kematiannya adalah usia 70 tahun keatas. Italia juga dikenal sebagai negara tertua di dunia, dimana populasi lansianya termasuk kedua tertinggi di dunia setelah Jepang.

  • Bayi

Jika pada usia lansia mempunyai imunitas yang rendah, begitupun bayi yang imunitas tubuhnya belum terbentuk sepenuhnya. Usia 5 tahun keatas adalah usia dimana imunitas tubuh sudah terbentuk lebih baik dan sempurna.

Pemberian asi eksklusif untuk bayi sangat baik menciptakan imunitas tubuhnya kelak. Sumber foto : fimela.com
  • Kondisi tubuh yang sedang tidak fit atau sedang sakit

Saat sedang dalam kondisi tubuh yang tidak sehat, imunitas tubuh juga jadi ikut menurun. Sama halnya jika seseorang mempunyai riwayat penyakit atau komplikasi penyakit tertentu, maka imunitas tubuhnya juga tidak seperti layaknya orang sehat pada umumnya.

  • Penyakit autoimun

Orang-orang dengan penyakit autoimun adalah yang paling beresiko mempunyai imunitas yang rendah. Ini disebabkan karena imunitas tubuhnya menyerang sel-sel sehat dalam tubuh itu sendiri. Padahal normalnya, imunitas tubuh berguna untuk memerangi penyakit dan sel asing. Menurut beberapa sumber, penyakit autoimun disebabkan oleh faktor genetik, namun sumber lainnya menyebutkan bahwa penyakit ini belum dapat diketahui pasti penyebabnya.

  • Bekerja keras di luar batas normal tubuh

Sering bekerja terlalu keras dan melampaui batas normal pada umumnya adalah merupakan faktor penyebab daya tahan menjadi menurun. Apalagi jika posisi tubuh hanya pada posisi tertentu dalam waktu yang lama, ini bisa menyebabkan metabolisme tubuh tidak lancar. Usahakanlah untuk selalu bekerja sesuai batas normal 8-10 jam, dan sering-seringlah mengganti posisi, misalnya dari duduk ke berdiri atau sebaliknya dan selalu melakukan peregangan otot setiap bekerja.

  • Pengaruh hormon

Perempuan adalah kaum yang paling sering merasakan perubahan hormon, yaitu saat memasuki siklus menstruasi. Memasuki siklus menstruasi, hormon estrogen yang merupakan immuno enhancing juga ikut menurun. Padahal hormon estrogen ini adalah hormon yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Inilah sebabnya jika memasuki siklus menstruasi beberapa perempuan seringkali diserang penyakit tertentu seperti demam, batuk flu dan nyeri perut.

  • Tinggal di daerah dengan polusi tinggi

Tinggal di daerah dengan polusi tinggi adalah salah satu penyebab menurunnya daya tahan tubuh. Sering terpapar banyak polusi berbahaya menyebabkan tubuh bekerja di luar ambang batasnya dan akibatnya menurunkan imunitas tubuh. Banyaknya paparan zat berbahaya dan radiasi zat kimia juga sangat berbahaya bagi tubuh. Itulah pentingnya menggalakkan penghijauan di sekitar tempat tinggal untuk mengurangi polusi di sekitar lingkungan. Pohon-pohon yang rimbun bisa membantu menciptakan udara yang lebih sehat dan bersih.

Menurut dr. Dian, dalam menghadapi banyaknya wabah penyakit sekarang ini penting sekali untuk selalu meningkatkan imunitas tubuh dengan banyak mengkonsumsi makanan bergizi dan bervitamin. Vitamin yang kita konsumsi lebih baik diperoleh langsung dari makanan dibandingkan dengan mengkonsumsi multivitamin. Semua yang alami selalu lebih baik dibandingkan dengan bahan kimia, terangnya lagi.  Tidak lupa pula untuk selalu menjaga higienitas diri dan lingkungan, untuk membunuh virus-virus berbahaya itu.

dr. Dian juga tidak lupa menambahkan bahwa sama halnya dengan kesehatan, imunitas tubuh sifatnya tidak selalu stabil kadang baik tapi kadang pula bisa menurun. Itulah perlunya menjaga gaya hidup dengan selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan kebersihan diri sendiri, tutupnya kala itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here