Perempuan modern yang hidup di kota besar tidak afdol rasanya jika hanya bisa tinggal di rumah tanpa berbuat apa-apa. Mengurus keluarga yang menjadi tanggung jawab bagi kaum perempuan, tidak lantas membuatnya menjadi tidak produktif bagi keluarga. Disela-sela kesibukan mengurus keluarga, perempuan bisa tetap berkreasi menciptakan jenis kerajinan tangan cantik yang bernilai jual tinggi. Hal inilah yang kembali dilakukan Alfamart di hari Kamis di penghujung bulan Februari siang itu.

Ibu Cia memberikan gambaran cara pembuatan wadah cantik dari bibir gelas

Kegiatan pemberdayaan perempuan di lingkungan sekitar Alfamart ini termasuk jenis kegiatan yang sudah beberapa kali diadakan Alfamart. Sebagai bentuk tanggung jawab sosial Alfamart, kegiatan ini kembali diadakan di Alfamart cabang Landak baru. Peserta yang hadir sekitar 20 orang, dari kalangan ibu rumah tangga dan ada juga dari beberapa orang perempuan muda.

Lathifah Ulfa selaku Corporate Communication Alfamart cabang Makassar, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan awal di tahun 2018. Karena sebelumnya sudah pernah bekerjasama, pihak dari Alfamart kembali mengajak instruktur dari Bank Sampah Gembira Ria cabang Karuwisi bernama Ibu Syamsiah, yang lebih akrab dipanggil Ibu Cia.

Mba Ulfa selaku Corcomm Alfamart ikut mengawasi kegiatan pelatihan
Dengan membawa anak pun, ibu-ibu bisa tetap berkreasi dengan telaten

Kegiatan ini dilakukan dengan mengelola sampah rumah tangga menjadi wadah cantik seperti keranjang air, toples permen, dan tempat tissue. Sebenarnya masih banyak jenis wadah lain yang bisa dibuat, tetapi karena waktu yang cukup singkat, peserta yang hadir hanya bisa membuat jenis wadah berupa toples permen.

Bahan baku utama pembuatan wadah cantik yaitu dari bibir gelas minuman kemasan
Bibir gelas dan kawat warna

Bahan-bahan yang dibutuhkan termasuk jenis yang sangat mudah didapatkan. Dengan hanya membutuhkan bahan seperti bibir gelas, kawat warna dan dibantu dengan menggunakan alat seperti gunting dan tang, jenis wadah cantik sudah bisa dihasilkan. Tidak main-main, dari wadah yang sudah dibuat ini bisa dijual dengan harga sekitar 50.000 – 75.000 perwadahnya. Berbeda lagi dengan wadah tempat gelas yang bisa bernilai 125.000 – 175.000, tergantung dari jenis warna yang dibuat. Bahkan ada pula yang dijual perpaket seharga 250.000-300.000, sudah bisa mendapat bermacam-macam jenis wadah yang diinginkan. Luar biasa kan?

Wadah cantik bisa dijual dengan harga perpaket ataupun satuan
Wadah cantik yang telah dihasilkan dari bibir gelas minuman kemasan

Sampah rumah tangga memang bisa berjual nilai tinggi jika dimanfaatkan dengan baik. Bibir gelas dari minuman kemasan yang mungkin tidak bernilai apa-apa bagi sebagian orang, bisa dijadikan jenis wadah yang sangat cantik dan bernilai jual tinggi. Dengan bermodal ketelatenan dan kepedulian akan lingkungan sekitar, Alfamart kembali melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat di lingkungan sekitar Alfamart. Kegiatan yang sangat positif dan produktif untuk kaum perempuan, Terima kasih Alfamart 🙂

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here