Bulan Oktober sebentar lagi berakhir, kira-kira sekitar 2 minggu lagi kita sudah masuk ke bulan November. November sangat identik dengan musim penghujan, walaupun akhir-akhir ini hujan pun sudah sering turun di beberapa daerah di Indonesia. Perpindahan musim dari kemarau ke musim penghujan atau sebaliknya biasa disebut musim pancaroba. Musim yang seringkali membuat kita jadi mudah terserang penyakit. Karena saat musim pancaroba, angin menjadi lebih kencang, hujan tiba-tiba dalam waktu singkat, namun udara tiba-tiba dapat dengan seketika menjadi sangat panas. Lalu apa yang bisa kita lakukan agar bisa bertahan dari serangan penyakit yang mungkin bisa datang? Salah satu caranya adalah dengan memaksimalkan daya tahan tubuh kita. Apa itu daya tahan tubuh, dan bagaimana cara untuk memaksimalkan daya tahan tubuh?

Daya tahan tubuh adalah sebuah sistem pertahanan tubuh dalam melawan mikroorganisme penyebab penyakit. Karena merupakan sebuah sistem atau bukan proses tunggal, maka daya tahan tubuh dipengaruhi oleh banyak faktor agar dapat berfungsi dengan baik. Kita mungkin seringkali melihat seseorang yang sedang sakit berdekatan satu dengan yang lainnya,tapi tidak ketularan penyakit. Itu dikarenakan sistem daya tahan tubuhnya yang bekerja maksimal sehingga menghindarkan dari penularan penyakit. Lalu faktor apa saja yang bisa memaksimalkan daya tahan tubuh seseorang?

Berikut beberapa cara agar daya tahan tubuh bisa bekerja maksimal :

Kendalikan stress

Pic source by Google images

Stress merupakan salah satu dari beberapa penyakit serius yang bisa menyerang seseorang. Jika seseorang mengalami stress atau depresi, maka daya tahan tubuhnya seketika menjadi menurun. Setiap orang pasti pernah mengalami stress, tetapi kita harus bisa mengendalikan stress dengan cara yang tepat. Perbanyaklah kegiatan yang bisa merelaksasi pikiran dan tubuh kita. Salah satunya mungkin dengan berjalan-jalan di luar rumah, berkumpul dengan keluarga dan teman-teman, mendengarkan musik, atau menonton film favorit bisa menjadi alternatif untuk mengendalikan stress. Atau kamu mungkin punya cara lain?

Mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat

Pic source by Google images

Konsumsi makanan dan minuman yang sehat sangat berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Mengonsumsi buah dan sayuran, sangat baik dilakukan karena buah dan sayuran banyak mengandung antioksidan, vitamin dan juga mineral. Selain itu perbanyaklah mengonsumsi makanan yang kaya akan omega 3, seperti makanan laut (seafood), telur, susu dan yogurt.

Pic source by Google images

Minuman yang paling sehat adalah air putih. Konsumsi air putih sebanyak 2-2,5 liter setiap hari dapat membantu menghindarkan dari beberapa penyakit serius. Air putih berfungsi melarutkan dan menyerap zat-zat makanan yang kita konsumsi. Dibandingkan minuman lain seperti soft drink yang sangat tinggi akan gula dan juga kalori atau minuman berenergi yang terkadang memiliki kandungan gula dan juga kafein, air putih menjadi pilihan paling tepat untuk mempertahankan kadar cairan dan menjaga keseimbangan mineral dalam tubuh.

Istirahat yang cukup

Kadar istirahat yang cukup untuk tiap orang mungkin berbeda-beda. Namun sebaiknya dibutuhkan sebanyak 6-8 jam untuk istirahat setiap harinya. Anak-anak membutuhkan lebih banyak lagi waktu istirahat setiap harinya, yaitu sekitar 10 jam atau lebih. Saat tidur tubuh kita memproduksi antibodi yang bekerja melawan mikroorganisme penyebab penyakit. Selain itu, saat beristirahat kerja organ-organ tubuh yang telah bekerja seharian, ikut diistirahatkan sehingga menjadi sehat dan siap beraktifitas kembali.

Berolahraga secara rutin dan teratur

Biasakan tubuh untuk selalu bergerak dan berolahraga setiap harinya. Olahraga tidak harus dengan olahraga yang berat, bisa saja dengan berjalan kaki minimal selama beberapa menit. Berolahraga membuat produksi sel darah putih meningkat, yang bekerja untuk melawan infeksi. Dengan berolahraga sirkulasi darah menjadi lancar, sehingga membantu kerja jantung dan organ tubuh lainnya.

Hindari rokok dan alkohol

Dalam rokok terkandung banyak racun dan bahan kimia berbahaya. Bahan-bahan tersebut membuat sistem imun atau daya tubuh menurun. Tidak hanya itu penyakit-penyakit serius seperti jantung, dan gangguan pembuluh darah juga disebabkan oleh rokok.

Mengonsumsi alkohol dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh, merusak kerja sistem daya tahan tubuh, dan menyebabkan beberapa penyakit serius seperti sirosis hati, gangguan jantung atau juga penyakit infeksi.

Konsumsi suplemen kesehatan bila diperlukan

Suplemen kesehatan mungkin diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan berbagai macam vitamin dan mineral dalam sebuah suplemen membuat kita mengambil jalan ringkas dengan mengonsumsi suplemen ini. Namun konsumsi suplemen yang berlebihan atau tidak sesuai dengan resep dokter juga berbahaya. Jadi pastikan untuk menggunakannya dengan cara  dan aturan yang tepat.

Beberapa cara di atas merupakan bentuk memaksimalkan daya tahan tubuh kita. Siapkan tubuh kita menangkal segala macam serangan penyakit yang mungkin bisa datang kapan saja. Karena sehat itu sangat berharga, dan untuk sehat ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Semoga kita semua selalu sehat yah…

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here