Libur tlah usai, saatnya kembali ke sekolah. Tahun ajaran baru memang selalu menyisakan banyak cerita untuk tiap anak sekolah. Pengalaman baru yang mungkin tiap anak berbeda cara menghadapinya. Sama halnya dengan kita orang dewasa, saat dihadapkan dengan hal baru pasti butuh beberapa waktu untuk penyesuaiannya. Cara menyesuaikannya juga beda-beda, ada yang mungkin sedikit stres, panik, takut, tapi ada juga yang santai dan tetap rileks. Kitapun sebagai orang tua harus menemani anak saat dihadapkan dengan lingkungan baru, supaya anak tetap merasa kita selalu mendampingi dalam keadaan apapun. 

Baru kenalan, tapi langsung akrab
Kok diam aja dek? ?

Itu juga yang saya lakukan pada tahun ajaran baru kali ini, tahun ajaran 2017/2018, si adek Faiz sudah masuk ke sekolah dasar. Wahh tidak terasa anakku sudah pake seragam putih merah. Yang dulunya lebih banyak main dan banyak mewarnai saat TK, sekarang harus sudah bisa duduk manis belajar di kelas. 

Tiba disekolah, Faiz kemudian dikumpulkan dengan teman-temannya diaula. Saya hanya memilih mengawasi dari jauh karena betul-betul tidak sanggup desak-desakan dengan ibu-ibu yang lain. Anggapanku, pasti Faiz bisa adaptasi dengan teman-temannya. Ehh betul saja, setelah saya kembali ke aula, ternyata Faiz tidak nangis dan malah main dengan temannya. Good job, nak…

Hari pertama sekolah pasti diawali dengan perkenalan di lingkungan sekolah. Mulai dari kepala sekolah, guru, dan juga dengan teman-teman sekolah. Orang tua juga harus saling berkenalan, untuk memudahkan saat di sekolah nantinya. Seperti hari ini, semua murid yang datang didampingi dengan orang tuanya. Keliatan juga orang tuanya yang lebih heboh saat disekolah hihihi…

Pidato dari kepala sekolah
Arahan dari guru-guru sekolah
Ibu-ibu menemani anaknya di hari pertama sekolah

Selesai dengan semua aktivitas hari ini, kita diizinkan untuk pulang. Besok kembali lagi, untuk pengenalan lingkungan sekolah. Kelas 1, mungkin masih awal bagi Faiz. Saat belajar yang lebih intens dimulai, saat menulis dan membaca menjadi hal yang terus dilakukan. Belajarlah anakku, supaya cepat pintar. Cari teman yang baik, supaya bisa nyaman di sekolah, karena sekolah bukan hanya melulu untuk belajar tapi juga untuk mencari lebih banyak teman. Karena saat kau dewasa, merekalah yang kadang membuatmu tersenyum sendiri saat mengingat masa-masa sekolah. Selamat belajar anak-anak…?

Faiz menunggu kakak pulang

2 KOMENTAR

    • Iya mba, kan tiap anak beda-beda ada yg cepat menyesuaikan dengan lingkungan baru, ada jg yang butuh waktu lama. Yang penting anak-anak tidak kapok untuk kesekolah, kita jg harus sabar menemani ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here