Tidak terasa Ramadhan akan menghampiri kita semua, tinggal beberapa hari tepatnya kita akan memasuki bulan penuh ampunan, berkah, dan kasih sayang untuk umat Islam. Entah kenapa saat akan memasuki bulan Ramadhan perasaan jadi sedikit mellow, mungkin karena bercampur rasa haru karena masih diberi kesempatan oleh Sang Pencipta untuk bisa merasakan nikmatnya beribadah di bulan Ramadhan.

Ramadhan selain identik dengan kekhusyukan beribadah, apalagi kalau bukan suka cita menyambut puasa Ramadhan. Puasa yang membawa kita pada kebaikan, karena diajarkan untuk menahan hawa dan nafsu. Puasa juga sangat baik untuk kesehatan, karena membuat proses detoksifikasi tubuh berjalan secara alami.

Saya pun demikian, puasa selalu membawa perasaan suka cita bagi keluarga saya. Tidak terkecuali buat anak-anak, yang senang saat puasa akan tiba. Walaupun yang namanya anak-anak hanya senang karena rutinitas pada saat akan berbuka, tetapi momen saat ramadhan tiba selalu meninggalkan kesan yang mendalam buat mereka.

Hidangan berbuka puasa

Bulan Ramadhan memang selalu menciptakan suasana berbeda dibandingkan bulan lainnya. Pajangan aneka kue disepanjang jalan membuat kita jadi seperti lapar mata sampai menghabiskan sekian rupiah hanya untuk hidangan berbuka puasa. Padahal saat setiba dirumah, makanan yang dimakan hanya beberapa buah saja.

Saat berbuka puasa dianjurkan untuk mengkonsumsi hidangan yang manis. Di semua kota di Indonesia, pasti sudah tidak asing dong yah dengan aneka hidangan manis untuk berbuka. Apalagi di Makassar, yang terkenal dengan jajanan kue-kue manisnya. Nah, kali ini saya ingin menuliskan 5 olahan menu buka puasa yang ada di Makassar, yang mungkin bisa kamu buat sendiri di rumah..

 

Pisang Ijo

. Selamat berbuka puasa, alhamdulillahh ???

A post shared by Muthmainnah mutia (@tiamutia_) on

Hidangan yang satu ini sudah tidak asing di telinga kita. Tidak hanya di Makassar, di sebagian besar kota lain di Indonesia juga sudah sering menjual hidangan yang satu ini. Pisang Ijo sangat sering dijajakan untuk hidangan berbuka puasa, karena rasanya yang manis dan mengenyangkan.

Makanan ini terbuat dari bahan utama yaitu pisang raja, dibalut dengan tepung yang berwarna hijau. Warna hijau didapatkan dari air daun suji atau daun pandan, menjadikan aromanya semakin harum saat dikukus. Cara penyajiannya yaitu dinikmati dengan bubur sumsum yang dilumuri di atas pisang ijo. Kebayang kan rasa manis dan wangi aroma pandan yang berpadu dengan bubur sumsum yang gurih dan nikmat, hmmm….

Sanggara balanda

Kota Makassar memang sangat menggemari hidangan makanan yang berbahan dasar pisang. Jenis makanan yang terbuat dari pisang sangat beragam dan menggunakan jenis pisang yang berbeda-beda pula. Sama halnya dengan hidangan yang satu ini, sanggara balanda namanya.

Sanggara balanda berasal dari kata sanggara yang berarti pisang goreng dan kata Balanda yang berasal dari kata Belanda yang saat itu pernah menjajah negara kita. Konon katanya orang Belanda sangat menyukai hidangan yang satu ini.

Cara membuatnya sebenarnya tergolong mudah, sama seperti membuat pisang goreng pada umumnya. Tetapi pisang ini digoreng dua kali, karena untuk proses menggoreng yang kedua dilakukan dengan membalur telur pada pisangnya. Sehingga rasa dan aromanya jadi lebih berbeda. Di tengah pisang kemudian diberi campuran gula, mentega dan kacang. Manis pake banget deh pokoknya hehehehe…..

Jalangkote

Saat berbuka puasa, rasanya kurang afdol kalau tidak ada gorengan dalam menu kita. Di Makassar pun begitu, aneka jenis gorengan selalu dijajakan untuk hidangan berbuka puasa. Sama seperti yang satu ini, jalangkote namanya.

Jalangkote serupa dengan pastel yang biasa dijual di kota-kota lainnya. Rasa kulitnya yang crunchy ditambah isian sayuran jadi makin nikmat dimakan saat berbuka. Jalangkote sering ditambahkan dengan irisan telur pada isiannya, menjadikannya lebih komplit dan mengenyangkan. Dimakan dengan cocolan saus sambal yang teksturnya sedikit cair, yummmyy….

Es teler

Yuk segarkan sorenya dg es teler alpukat

A post shared by ES TELER,SALAD, SOB BUAH (@estelerkotadaeng) on

Hidangan lainnya yang diburu saat berbuka puasa yaitu hidangan serba es, seperti es campur, es buah atau es teler. Di Makassar sendiri, es teler yang dijual berbeda dengan yang dijajakan di kota lainnya. Walaupun sebenarnya es teler sudah lebih lama dijajakan di kota Jawa, tetapi es teler yang dinikmati di kota Makassar berbeda cara penyajiannya.

Es teler ini berbeda karena disajikan dengan kacang disko yang juga hanya ada di kota Makassar. Campuran buah tetap sama pada sajian es lainnya, seperti buah papaya, nangka, kelapa atau juga jelly dan cincau. Kuah es nya juga berbeda karena ditambahkan gula merah yang sebelumnya telah dimasak dengan campuran telur. Sebelum disajikan, es teler dilengkapi dengan susu kental manis.

Es pallu butung

____________ Alhamdulilah masih diberikan nikmat sehat uuntuk menjalankan ibadah puasa sampai hari ini… Dan Masih semangat menyiapkan hidangan berbuka ataupun sahur untuk keluarga ? Yang Segar Untuk Berbuka Puasa,kuliner dari sulawesi selatan Es Pallu Butung Mungkin bisa jadi pilihan. . ES PALLU BUTUNG . BAHAN : 5 buah pisang kepok Tua Matang yang sudah dikukus ( kukus dengan kulitnya ) Syrup Merah cocopandan Secukupnya Es Batu Secukupnya . BAHAN FLA SUMSUM : 500 cc santan kental 60 gram tepung beras (kekentalan sesuai selera,klo ingin kental sekali bisa tambahkan ukuran tepung berasnya) 1 lembar daun pandan 50 gr gula pasir ( manis sesuai selera ) 1/2 sdt garam . CARA MENGOLAH : Pisang yg sudah dikukus,dinginkan (klo sudah ingin disajikan baru kupas dan potong2) Masak semua bahan fla sumsum,aduk rata didihkan sampai meletup2 dan mengental,dinginkan suhu ruang,karena klo masih panas fla bertekstur masih encer. . PENYAJIAN : Tata dalam Wadah,beri fla sumsum secukupnya,taruh beberapa potongan pisang,siram syrup merah secukupnya,beri es batu/es serut. Es pallu butung Siap diSajikan. . #pallubutung #espallubutung #bubursumsum #homemadefood #foodphotography #indonesianfood #kulinernusantara #traditionalfood #takjil

A post shared by HAY (@hanhanny) on

Hidangan es yang satu ini juga sering dijadikan santapan saat berbuka puasa. Teksturnya hampir mirip dengan hidangan es pisang ijo. Yang membedakan hanya pisangnya tidak dibalut dengan tepung, melainkan langsung disajikan saat habis dikukus atau direbus.

Pallubutung disajikan dengan pisang yang dipotong-potong kecil, sama seperti saat menyajikan kolak pisang. Kuah bubur sumsumnya menambah rasa manis dan gurih dari pallu butung. Jika pisang ijo mengunakan pisang raja, pallu butung dibuat dengan menggunakan pisang kepok walaupun beberapa orang juga banyak yang menggunakan jenis pisang raja.

Hidangan berbuka puasa di Indonesia memang dikenal sangat kaya akan jenis dan macamnya. Yang terpenting saat berbuka puasa, kita tidak terlalu banyak menyajikan menu yang bermacam-macam. Mudah-mudahan jenis olahan berbuka puasa kali ini bisa menambah ide dan kreasi berbuka kita-kita semua yah….

 

4 KOMENTAR

  1. Aduh kangen es pisang ijooo.. Itu yang sering saya beli kalau cuaca lagi panas-panasnya di Semarang. Sekarang saya pindah di Jepara nggak ada yang jual. Kapankapan coba pengen bikin sendiri hihihi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here